BKM Marabunta Adakan Pelatihan Bahasa Isyarat. (Foto: Ist).
BKM Marabunta Adakan Pelatihan Bahasa Isyarat

PROFESI-UNM.COM – Biro Kegiatan Mahasiswa Marabunta (BKM) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan pelatihan Bahasa Isyarat Funcamp 2021 di Gedung BB FPsi UNM, Sabtu (25/9).

Kegiatan ini merupakan camping ceria dan edukasi bersama anak tunarungu (tuli) dan tunawicara. Hal ini sekaligus menjadi cara untuk memperkuat tali persaudaraan dengan keberagaman dan memupuk jiwa sosial dan lingkungan hidup.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk menambah wawasan dan mempelajari bahasa isyarat sebagai wujud kepekaan dengan lingkup sekitar melihat banyaknya individu yang kurang beruntung dan istimewa. Kegiatan juga diselingi dengan games dan kegiatan menanam.

Ketua Panitia, Muh.Nur Haq mengatakan peserta pada kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru tahun 2021, panitia dan Anggota Koloni Marabunta.

“Pada kegiatan ini untuk maba 2021 namun di tengah keberlangsungan kegiatan nantinya akan ada sistem seleksi untuk maba 2021 yang kehadirannya kurang,” katanya.

Mahasiswa angkatan 2019 ini berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan sebagai wadah belajar dan bermain bagi penyandang disabilitas

“Harapan saya agar kita lebih sadar lagi bahwasanya diluar sana ada saudara kita yang juga butuh perhatian dan butuh pemahaman bahwasanya kita semua setara,” harapnya.

Peserta dalam pelatihan ini ada dua macam yaitu Teman Tuli (sebutan yg sesuai dengan penyandang tunarungu) dan Teman Dengar (Normal).

Pengelompokan ini dilakukan agar mereka nantinya dapat melebur, berkomunikasi, bercanda ria sehingga terbangun chemistry, rasa percaya diri, dan kepekaan sosial di antara mereka. (*)

*Reporter: Anugrah Hms/ Editor: Agatoni Buttang