Tangkapan layar webinar Urgensi Sertifikasi Lulusan Psikologi via Zoom Meeting, Sabtu (25/9).

PROFESI-UNM.COM – Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Lembaga Sertifikasi Profesi-Psikologi Indonesia (LSP-PSI) mengadakan webinar dengan tema “Urgensi Sertifikasi Kompetensi Lulusan Psikologi” via Zoom Meeting, Sabtu (25/9).

Webinar ini dibuka langsung oleh Dekan Fpsi UNM, Muhammad Daud dan dipandu oleh Faradillah Firdaus sebagai moderator serta turut hadir Apin Avian dari Departemen Promosi dan Humas LSP PSI sebagai narasumber dan Abdul Rahmat selaku Ketua Pengelola Tempat Uji Kompetensi (TUK) Psikologi UNM.

Dalam pembahasannya, Apin Avian menjelaskan bahwa terdapat tiga pilar Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis kompetensi yaitu stakeholders (menetapkan standar) mencakup SKKNI, SKKI, dan SKKK, Lembaga Akreditasi-Lembaga Pelatihan Kerja, serta Lisensi oleh BNSP (LSP-PSI).

Ia juga mengungkapkan bahwa lulusan Sarjana Psikologi bisa mengambil skema diantaranya asisten Psikolog (umum), asisten Psikolog Forensik (Psi Forensik), konsultan Psikologi bidang SDM (Psi Industri-Organisasi) dan perancang fasilitator komunitas (Psi Sosial).

Lebih lanjut, Ia menambahkan untuk lulusan sarjana Psikologi dengan SSP atau magister Psikologi bisa mengambil diantara lima skema yang ditetapkan.

“Konsultan Psikologi bidang SDM (Psi Industri-Org), perancang dan fasilitator komunitas (Psi Sosial), Psikolog industri dan organisasi (Psi industri-org), Psikolog forensik (Psi forensik) dan Psikolog sekolah (Psi sekolah),” ujarnya.

Terakhir, Ia mengatakan harus ada persiapan matang yang dilakukan sebelum melaksanakan uji kompetensi.

“Yakinlah terlebih dahulu semua unit kompetensi sudah dikuasai sebelum uji kompetensi,” tuturnya. (*)

*Reporter: Mujahidah/ Editor: Sumaya Nursyahidah