Tim PKM pengembang aplikasi e-commerce Punggawa. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Empat mahasiswa yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Punggawa Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil menciptakan aplikasi marketplace khusus untuk produk hasil pertanian, peternakan, dan perikanan.

Keempat mahasiswa tersebut adalah A. Syahida Ulhaq Pasryb, Dian Fitri Febrianingrum, dan Abdullah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Muh. Arya Kusuma Wardana dari Fakultas Teknik.

Ketua tim, Syahida mengungkapkan aplikasi Punggawa dibuat untuk membantu para petani, nelayan, dan peternak untuk memasarkan hasil produksinya.

“Punggawa hadir untuk membantu para petani, nelayan dan peternak daerah dalam meningkatkan kesejahteraannya,” ucapnya.

Ia juga membeberkan nama “Punggawa” terinspirasi dari budaya masyarakat Bugis-Makassar yang jujur dan berwibawa.

“Punggawa merupakan manifestasi dari sosok manusia Bugis-Makassar yang sarat dengan budaya dan memiliki makna pemimpin yang baik, jujur, taat aturan dan senantiasa saling menghormati dan saling menghargai,” ujarnya.

Salah seorang anggota tim, Arya Kusuma Wardana menjelaskan aplikasi ini dibangun dengan sistem penjualan kembali.

“Bedanya dengan e-commerce pada umumnya, bentuk aplikasinya ini konsinyasi dimana tim kami yang menginputkan data para mitra. Selain itu, sistemnya juga pre-order,” jelasnya.

Lebih lanjut, Arya mengatakan aplikasi ini tak hanya bisa berjalan di platform android, tetapi bisa juga diakses melalui mesin pencari sehingga tidak harus mengunduh aplikasi.

“Saat ini cuma bisa di platform android, tapi bisa diakses di browser juga,” katanya.

Terakhir, mahasiswa 2018 itu berharap dengan hadirnya aplikasi ini dapat membantu perekonomian daerah melalui pemasaran produk lewat aplikasi ini.

“Semoga kami bisa menjadi solusi membantu perekonomian daerah terutama untuk para petani, nelayan dan peternak dalam memasarkan produk mereka tanpa harus lewat pengepul yang membeli produk dari harga yang rendah lalu dijual dengan harga tinggi,” harapnya. (*)

*Reporter : Trisakti Akbar /Editor: Murni