Analisa positioning produk sumber: int

PROFESI-UNM.COM – Penempatan atau positioning adalah strategi Komumikasi untuk memasuki jendela otak konsumen, agar produk, merek, mama, atau bisnis yang kita buat mengandung arti tertentu. Dalam beberapa segi, positioning mencerminkan keunggulan terhadap produk, merek, nama, atau bisnig dalam bentuk hubungan asosiatif (berhubungan yang saty dengan yang lain). Positioning merupakan salah satu strateg; komunikasi yang bersifat dinamis dan berhubungan dengan event marketing dan atribut-atribut produk. Atribut-atribut produk yang dipilih harus unik dan berbeda dengan produk produk lain yang sudah ada di pasar.

Positioning harus memberi arti yang penting bagi konsumen. Penentuan positioning dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa strategi komunikasi. Adapun alternatif strategi dasar penempatan produk adalah sebagai berikut:

  1. Penampilan produk (positioning on specific product features).
  2. Manfaat, pemecahan masalah atau kebutuhan.
  3. Kesempatan khusus (positioning for spesific usage occasions).
  4. Kategori pemakai (positioning for user category).
  5. Melawan produk lain (positioning against another product).
  6. Pemisahan diri dari kelas produk (product class dissociation).

Penempatan produk atau positioning bertujuan untuk memosisikan produk agar menjadi pusat perhatian konsumen dan terus melekat di benak konsumen tersebut, sehingga akhirnya membedakan produk tersebut dengan produk pesaingnya. Strategi pemasaran untuk positioning adalah kombinasi antara produk, saluran distribusi, harga, dan promosi. Strategi positioning dibuat dengan menggunakan kekuatan posisi dalam melawan pesaing utama. Strategi positioning ini berguna untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari target pasar.

Pembuatan positioning harus jelas dan unik, karena kita memosisikan diri terhadap produk lain sebagai pesaing. Di sini kita akan mengambil contoh beberapa positioning produk-produk yang telah dijual di pasaran. Contoh ini diambil dari berbagai media yang ada di tabloid mingguan dan lainnya.

Tulisan ini dikutip dari buku Marketing Plan Dalam Bisnis pada halaman 43-45 yang ditulis oleh Ir. Titik Wijayanti, MM diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo. (*)

*Reporter: Ema Humaera