Rektor UNM Husain Syam menerima SK Lisensi dari Ketua BNSP, Kunjung Masehat, Selasa (21/9). (Foto: Ist)
Rektor UNM Husain Syam menerima SK Lisensi dari Ketua BNSP, Kunjung Masehat, Selasa (21/9). (Foto: Ist)

PROFES-UNM.COM – Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyerahkan SK Lisensi ke Lembaga Sertifikasi (LSP) P1 UNM. SK Lisensi ini menandakan UNM secara resmi memiliki kewenangan untuk melakukan sertifikasi kompetensi serta menerbitkan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa.

SK ini diserahkan saat BNSP melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Makassar (UNM). Kunjungan tersebut di terima langsung Rektor UNM Husain Syam di ruang rapat lantai 14 Menara Pinisi, Selasa (14/7).

Ketua BNSP, Kunjung Masehat mengatakan SK ini diberikan melalui proses yang cukup panjang mulai dari penduan mutu, mekanisme pembuatan sertifikasi, hingga proses sertifkasi oleh lembaga ini di UNM.

“Dalam waktu dekat ini pemerintah akan mengeluarkan Perpres terkait fungsi pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi. Agar jelas bagaimana fungsi dari sertifikasi,” katanya.

Ketua LSP UNM, Hasanah mengatakan persiapan sertifikasi yang cukup lama akhirnya kini 12 skema bisa tersertifikasi. Dan hari ini UNM juga melakukan ujian kompetensi ke 45 mahasiswa.

“Agustus kami dapatkan lisensi setelah 3 tahun mempersiapkan semua dokumen, mengikuti verifikasi berkas, dan juga berbagai syarat lainnya,” jelasnya. (*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama