Launching dan Sosialisasi Kegiatan P3D UKM Pramuka UNM. Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Negeri Makassar (UKM Pramuka UNM) menggelar launching dan sosialisasi kegiatan P3D 2021. Kegiatan ini digelar di Kantor Desa Tompobulu Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Senin (20/9).

Kegiatan ini dihadiri 30 petani yang merupakan petani aren di Desa Tompobulu. Mereka nantinya akan dibagi menjadi beberapa kelompok kewirausahaan.

Selain peserta, kegiatan ini dihadiri juga oleh pembina UKM Pramuka, kepala desa Tompobulu, kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangkep, dan Kepala Satuan Tugas Kementrian Agama Kanwil Provinsi Sulawesi Selatan.

Narasumber Ahli Racana Opu Dg. Risadju, Nurhayati mengatakan kegiatan ini juga merupakan bagian dari bina desa, dan merupakan salah satu kegiatan dari gugus depan. Desa Tompobulu dipilih karena merupakan desa binaan UKM Pramuka UNM lewat Memorial of Understanding (MoU) tahun lalu.

“Jadi, bukan hanya kegiatan P3D yang dilaksanakan di desa ini, tetapi kegiatan tersebut bagian dari bina desa,” tuturnya.

Sejalan dengan itu, Plt. Kepala Desa Tompobulu, M. Firmansyah Nur mengharapkan kegiatan dari UKM Pramuka UNM bisa menjalin kerjasama dari warga, khususnya petani aren. P3D ini juga merupakan kegiatan untuk membantu petani-petani aren di desa ini.

“Jadi, diharapkan kerjasama dari bapak-bapak dan ibu-ibu untuk memajukan perekonomian di Desa Tompobulu. Karena, banyak yang bisa dijadikan potensi. Selain aren, ada kacang tanah, jahe, porang, dan juga wisata yang tentunya akan menjadi potensi besar,” ucapnya.

*Reporter: Fikri Rahmat Utama