Diskusi Tim PKM PSH UNM-foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penelitian Sosial dan Humaniora dari Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) meneliti Eksistensi Pappaseng Tellu Riala Sappo. Penelitian ini dilakukan di Lapas Kelas II A Watampone, Cellu, Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Sabtu (18/9).

Rismiyana, Ketua Tim mengatakan penelitian ini dilaksanakan melihat banyaknya perilaku Inses atau perkawinan sedarah yang terjadi termasuk di Sulawesi Selatan.

“Kami berinisiatif mengkaji kasus ini dengan mengaitkan Pappaseng Tellu Riala Sappo sebagai upaya preventifnya,” katanya.

Dari hasil dari penelitian, ditemukan banyaknya fenomena inses di masyarakat Bugis, sebagian masyarakat telah menjadikan Pappaseng Tellu Riala Sappo yakni rasa takut kepada Tuhan, rasa malu pada diri sendiri, dan rasa malu kepada sesama manusia sebagai pedoman hidup yang mengandung nilai-nilai luhur seperti nilai religius, nilai siri’, dan prinsip percaya diri.

Tim ini berharap dengan adanya penelitian ini, kasus dan perilaku inses di masyarakat Bugis dapat berkurang. Menurutnya, salah satunya dengan menjadikan Pappaseng Tellu Riala Sappo sebagau pedoman dalam bertingkah laku.

“Perlu juga adanya perhatian terhadap korban Inses karena mayoritas korban Inses itu berada pada usia anak,” tutupnya. (*)

*Reporter: Resky Nurhalizah/ Editor: Agatoni Buttang