Peresmian lanjutan bantuan Kuota Internet dan bantuan UKT tahun 2021. (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Karta Jayadi menyebut bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) sudah sampai di fakultas. Saat ini fakultas tengah memproses bantuan tersebut untuk disalurkan ke mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19.

Saat dikonfirmasi Karta Jayadi menyebut jumlah kuota yang dialokasikan Kemdikbud Ristek kepada UNM sebanyak 1925 mahasiswa.

Besar bantuan yang diberikan sesuai dengan besaran UKT, dengan maksimal Rp 2,4 juta per mahasiswa. Apabila ada selisih UKT, maka hal tersebut diserahkan sebagai tanggung jawab kampus.

“UNM dapat 1925 jatah, dan dibagi berdasarkan proporsi jumlah mahasiswa fakultas masing-masing,” ungkapnya.

Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, dana bantuan UKT akan cair pada bulan September 2021. Karta menerangkan bahwa pihaknya masih menunggu mekanisme pemberian bantuan. Meski begitu, setiap fakultas telah memproses calon penerima bantuan tersebut.

Bantuan ini akan menyasar mahasiswa semester 3, 5, 7, dan 9 yang mengalami masalah ekonomi dan telah mengajukan penurunan UKT. Daftar nama mahasiswa tersebut dicatat oleh Wakil Dekan II masing-masing fakultas lalu ajukan dan akan diverifikasi oleh Kemdikbud Ristek sebelum ditetapkan sebagai penerima bantuan.

“Sudah diproses oleh WD 2 masing-masing. Sesuai juknis kemdikbud, diberikan kepada mahasiswa yang telah mengajukan penurunan UKT dan saat itu dianggap mengalami masalah keuangan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kata Karta, biaya UKT yang sudah dibayarkan oleh mahasiswa penerima bantuan ini akan dikembalikan dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi orang tuanya. Seperti mahasiswa yang meminjam, mengangsur, atau telat membayar UKT karena belum mempunyai uang.

“Akan dikembalikan ke mahasiswa yang pernah mengajukan penurunan UKT tapi dinilai masih memberatkan ekonomi orang tuanya,” beber Karta Jayadi.

Untuk diketahui, berikut jumlah penerima bantuan UKT masing-masing fakultas yaitu FT sebanyak 313, FMIPA sebanyak 240, FIP sebanyak 398, FIK sebanyak 250, FIS-H sebanyak 219, FBS sebanyak 201, FEB sebanyak 226, FPSI sebanyak 91, dan FSD sebanyak 87 mahasiswa. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang