Aplikasi U-shield, Aplikasi Pelayanan Pelaporan Kasus Cyberbullying, (Foto-Int)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menciptakan sebuah aplikasi yang bernama U-shield.id. Aplikasi tersebut bergerak di bidang perangkat lunak self defense sebagai mekanisme pertahanan diri remaja dalam menghadapi cyberbullying yang terjadi di sekitarnya.

Ketua Tim, Muhammad Rafli menjelaskan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi U-shield yaitu pelatihan komunikasi asertif sebagai fitur utama dalam membantu mereka mempertahankan hak melalui komunikasi yang tegas, jujur, rasional, dan tidak menyakiti perasaan orang lain, kemudian fitur layanan konsultasi bersama konselor terbaik, memiliki kredibilitas yang mumpuni dalam hal cybercounseling bagi remaja yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait tingkat keasertifan mereka.

“Ada tiga fitur yaitu media literasi, pelatihan komunikasi asertif, dan layanan konsultasi,” ujar Rafli.

Lebih lanjut, Ia menyebut terdapat juga fitur pelaporan resmi dari lembaga-lembaga resmi pemerintah yang mewadahi penanganan kasus cyberbullying seperti Komisi Perlindungan Anak, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak serta Yayasan Sejiwa.

“Fitur ini dapat remaja akses ketika mereka mengalami suatu permasalahan yang cukup berat dan melanggar hukum sehingga perlu di tangani oleh pihak hukum. Didalam fitur ini telah di cantumkan kontak yang dapat remaja hubungi ketika mengalami perundungan yang cukup berat,” lanjutnya.

Aplikasi ini diikutsertakan sebagai hasil riset Program Kreativitas Mahasiswa. Kata Rafli, pihak universitas mengapresiasi penelitian pengembangan kami ini untuk mereduksi permasalahan di era digital sekarang ini.

Aplikasi U-shield ini belum tersedia di Playstore ataupun App Store, namun pada saat pengembangan telah dibangun sistem display apk agar menjadi fleksibel atau dikatakan android native. (*)

*Reporter: Resky Nurhalizah/ Editor: Sumaya Nursyahida