Berlangsungnya kegiatan donor darah oleh UKM KSR PMI unit UNM, (Foto-Ist).

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Negeri Makassar (UKM) gelar kegiatan donor darah di Pelataran Gedung SS FMIPA Parangtambung, Jumat (17/9).

Husnul Mutmainnah Syahruni salah satu relawan mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu menambah ketersediaan jumlah kantong darah di UTD PMI kota Makassar. Dari kegiatan itu terkumpul 29 kantong darah.

“Untuk menambah stok darah di UTD PMI kota Makassar, mengajak masyarakat untuk berani mendonorkan darahnya untuk sesama dan menjalin tali silaturahmi,” katanya.

Husnul sapaannya menjelaskan sebelum melakukan donor darah wajib melakukan screening terlebih dahulu untuk mengetahui apakah calon telah memenuhi persyaratan secara umum seperti penyakit dan berat badan. Dipersyaratkan berat badan minimal 40 KG keatas.

Setelah melakukan donor darah, pendonor akan mendapatkan kartu identitas pendonor sebagai bukti telah melakukan donor darah. Tak hanya itu, pendonor juga akan mendapatkan dooprize.

Sementara itu, Ia juga menjelaskan salah satu manfaat donor darah untuk mendeteksi berbagai penyakit seperti HIV, sifilis hepatitis B hepatitis C, serta dapat mningkatkan produksi sel darah, panjang umur, dan menjaga jesehatan jantung.

“Selanjutnya akan diadakan donor darah di Kampus Gunung Sari UNM yang Insya Allah akan diadakan di hari Senin mendatang,” ungkapnya. (*)

*Reporter: Anugrah Hms/ Editor: Agatoni Buttang