Tangkapan layar, Pelaksanaan Mendeley Basic Training via Google meet, Kamis (16/9) - (foto-ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa (HMPS) Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAP) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) menghadirkan Mendeley Basic Training via Google meet, Kamis (16/9). Mendeley adalah salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan bagi para mahasiswa terutama dalam proses pembuatan artikel ilmiah, jurnal, hingga penyusunan skripsi maupun tesis.

Pelatihan ini dipandu oleh Staf bidang 1 Pendidikan dan Pelatihan, Nur Afiani HR dengan narasumber dosen PAP FIS-H, Sitti Hardiyanti Arhas. Pelatuhan ini diikuti 120 peserta dari mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Sitti Hardiyanti Arhas, mengatakan aplikasi manager referensi tersebut sangat berguna dan dibutuhkan di zaman sekarang. Aplikasi ini dapat membuat daftar pustaka otomatis juga menghindari plagiarisme.

“Mendeley mempunyai banyak kelebihan, pada mendeley mendukung annotation, highlight dan salin teks,” ujar Hardiyanti.

Salah seorang panitia, Mardiyani, mengungkapkan bahwa pengadaan training ini untuk membantu dan mempermudah mahasiswa dalam membuat karya ilmiah, terutama mahasiswa tingkat akhir dalam membuat daftar pustaka dalam pembuatan skripsi.

“Pembahasannya mencakup mulai dari pemasangan apk Mendeley, pembuatan akun, penjelasan mengenai fitur-fitur yang sering digunakan dalam apk Mendeley hingga pembuatan sitasi dan daftar pustaka dari berbagai sumber,” katanya.

Lanjut, jika dibandingkan dengan sesama software manajemen referensi yang bersifat gratis, Pada software ini terdapat pdf reader sehingga ketika membuka judul artikel mendeley bisa langsung membuka file tersebut tanpa membuka di program pdf reader.

Mendeley mempunyai fitur yaitu mendeley career dan mendeley funding, Fitur ini dapat menuliskan Curriculum vitae dan mengunggahnya di laman mendeley career pada menu careers.

“Mendeley juga mempunyai fitur mendeley suggest, fitur ini merupakan fitur yang memberikan notifikasi berupa referensi yang relevan dengan referensi yang ada di database mendeley kita,” tutur mahasiswa angkatan 2019 ini.

Terakhir, Ia berharap peserta yang hadir mengikuti pelatihan tersebut mampu menyerap ilmu yang diberikan hari ini serta bermanfaat dalam penyusunan skripsi dan penelitian.

“Semoga mahasiswa Pendidikan Administrasi perkantoran dapat memahami Mendeley dengan baik dan dapat mengembangkan tiga hal yaitu kognitif (pengetahuan), motorik, serta kemauan (semangat),” jelasnya. (*)

*Reporter: Mujahidah/ Editor: Sumaya Nursyahidah