Presiden RI, Joko Widodo saat menyampaikan pidato di Forum Rektor Indonesia (FRI). Foto-Int.

PROFESI-UNM.COM – Dalam sambutannya pada Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia yang telah disiarkan pada kanal YouTube Sekretariat Presiden, Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh Rektor Perguruan Tinggi untuk bertanggung jawab dalam urusan mahasiswa, serta memperhatikan kesehatan asupan makanan mahasiswa saat belajar di kampus.

Menurut Jokowi, tanggung jawab seorang rektor terhadap kesehatan asupan makanan para mahasiswanya sangatlah penting, bahkan Rektor harus jelih memperhatikan tempat makan mahasiswa di kampus agar menerapkan prinsip kebersihan dengan baik.

“Urusan mahasiswa harus kita perhatikan, hal-hal kecil saja harus kita perhatikan. Urusan makan mahasiswa saja itu harus dicek betul, jangan sampai mahasiswa kita jadi membawa penyakit semuanya,” katanya.

Lanjut, Presiden Republik Indonesia (RI) menekankan bahwa hal kecil seperti itu perlu diperhatikan sebab untuk mencegah mahasiswa jatuh sakit, karena menurutnya mahasiswa yang unggul harus sehat jasmani, rohani sehingga mampu belajar dengan baik dan berprestasi.

“Yang tadi saya sampaikan unggul dan utuh, Percuma kalau orang sepintar apapun kalau tidak sehat untuk apa,” ujarnya.

Dalam sambutannya itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta juga menceritakan pengalamannya ketika masih duduk di bangku kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Menurutnya banyak mahasiswa pada saat itu sering terjangkit penyakit tipes dan hepatitis yang diakibatkan karena belum adanya penerapan prinsip kebersihan.

*Reporter: Ema Humaera