Diakusi publik Aliansi Mahasiswa UNM tentang PTN-BH, Rabu (15/9). Foto-Ahmad Husen.

PROFESI-UNM.COM – Aliansi Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar diskusi publik mengenai kelayakan UNM yang akan menjadi PTN BH. Diskusi digelar di Pelataran TD Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNM, Rabu (15/9).

Program kajian rutin ini sebagai usaha merawat akal sehat mahasiswa. Anggota FM-UH, Anggi Hendra dan demisioner Presiden BEM FIS UNM hadir sebagai pemateri di kegiatan ini.

Humas Aliansi Mahasiswa menjelaskan bahwa terlepas dari layak tidaknya UNM menyandang gelar PTN-BH, komersialisasi pendidikan dengan status-status tersebut menyebabkan penghisapan di UNM akan semakin massif. Terlebih saat ini jumlah mahasiswa UNM setiap tahun semakin banyak.

“Meskipun layak tidaknya menjadi PTN-BH, pasti itu cita-cita rektor di akhir periodenya ini. Oleh karena itu, kami dari aliansi mahasiswa UNM dengan sigap membahas ini,” ujar Humas Aliansi Mahasiswa UNM.

Ia juga berharap agar mahasiswa lebih objektif dalam melihat wacana tersebut dan bisa sadar bahwa PTN BH ini tidak berpihak kepada mahasiswa.

“Sebaiknya kita lebih objektif lagi dalam wacana tersebut, karena hal tersebut tidak pro dengan mahasiswa,” jelasnya.

Rencananya Aliansi Mahasiswa UNM akan menggelar aksi demontrasi terkait PTN-BH di Pinisi esok hari, Kamis (15/9). (*)

*Reporter: Anita Nur Fadhilah Halid