Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar oleh Dosen FBS. Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Tim dosen Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pelatihan penyusunan bahan ajar dengan memanfaatkan platform Canva. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada April hingga Agustus 2021 lalu.

Tim PKM ini beranggotakan Usman, Sakaria dan Hasriani. Pelatihan penyusunan bahan ajar menggunakan metode strategi kronologis. Pelatihan ini diikuti sebanyak 25 dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti Makassar (UPM).

Usman mengatakan pelatihan ini dilaksanakan karena melihat kompetensi yang dimiliki dosen FKIP masih terbatas dalam menyusun bahan ajar digital serta pemanfaatan aplikasi untuk menyusun bahan ajar digital masih minim. Metode pelaksanaan kegiatan ini ialah pemberian materi secara ceramah, simulasi dan praktik.

“Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi mitra adalah memberikan pelatihan penyusunan bahan ajar digital dengan platform Canva,” katanya.

Terakhir, dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra UNM ini membeberkan pada saat pelatihan hal pertama yang dilakukan yaitu penyampaian materi terkait langkah awal penggunaan aplikasi canva. Setelah itu dilakukan simulasi untuk memberikan contoh cara penyusunan bahan ajar digital, lalu dilakukan praktik mandiri oleh para peserta.

“Dilakukan pemberian materi, lalu praktik mandiri. Peserta juga diberi kesempatan untuk menyampaikan berbagai kendala yang kerap dirasakan saat menyusun bahan ajar digital,” bebernya.

*Reporter: Ema Humaera