Dosen dan Mahasiswa PTIK FT UNM ciptakan Smart Parking E-Money, Senin (13/9). Foto-Mujahidah

PROFESI-UNM.COM – Istilah cashless belakangan makin marak digunakan. Pembayaran tanpa menggunakan uang tunai ini populer di berbagai lini kehidupan mulai dari transportasi hingga makanan. Apalagi hadirnya pandemi mengharuskan kita sebisa mungkin meminimalisir sentuhan (touchless).

Melihat peluang ini dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) menciptakan inovasi Smart Parking E-Money. Dosen FT, Suhartono dan Satria Gunawan Zain serta mahasiswanya Salahuddin, Arif Hidayat, dan Muhammad Arya Kesuma Wardana menggarap teknologi ini dalam waktu dua bulan.

Awal mula inovasi ini diciptakan karena adanya riset yang sudah dilakukan sebelumnya, juga kebutuhan dari mitra Teknik Komputer terkait sistem dan teknologi ini.

Suhartono mengatakan inovasi ini dibangun mencakup alat dan sistemnya. Alatnya adalah smart parking system berbasis e-money. Alat ini dikontrol menggunakan aplikasi yaitu e-money, teknologinya yaitu cashless.

Satria Gunawan yang juga terlibat dalam pembuatan teknologi ini menjelaskan bahwa sistem ini bisa diterapkan di kampus bila dari rektor memberikan izin.

“Dari dekan teknik juga jika ingin dipasangkan. Sistem ini lebih aman karena diatur menggunakan kartu mahasiswa dan semoga banyak yang bisa diajak kerja sama baik dari internal kampus, market maupun bandara,” tambahnya saat ditemui Profesi, Senin (13/9).

Lebih lanjut, Salahuddin pun juga ikut berkomentar bahwa mereka sedang merancang sistem image processing sehingga bisa langsung mendeteksi wajah seseorang.

“Hanya dengan mendeteksi wajah kita bisa tahu apakah ini karyawan, mahasiswa atau orang dari luar. Kalau bisa lebih terintegrasi lagi sistem keamanan wajahnya langsung terdeteksi, nimnya muncul, prodi dan jurusan mana, dan kampus mana,” tutur mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro ini. (*)

*Reporter: Mujahidah/ Editor: Annisa Puteri Iriani