Vaksinasi Kemerdekaan UNM, Menara Pinisi (8/8) (Foto: Agatoni Buttang-Profesi)
Vaksinasi Kemerdekaan UNM, Menara Pinisi (8/8) (Foto: Agatoni Buttang-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Saat ini pemerintah Republik Indonesia (RI) tengah gencar mengimbau masyarakat untuk vaksinasi sebagai salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19. Menurut Our World in Data, per tanggal 11 September 2021 penduduk Indonesia yang telah vaksinasi tahap pertama sebanyak 72.248.720 (persentase populasi 26,7%), sedangkan untuk penduduk yang telah vaksinasi lengkap sebanyak 41.534.340 (persentase populasi 15,3%).

Program vaksinasi ini juga menuai pro kontra dari berbagai lapisan masyarakat utamanya pelajar dan mahasiswa karena menjadi syarat untuk penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Untuk lingkup Universitas Negeri Makassar (UNM), pelaksanaan PTM terbatas bisa dilaksanakan jika persentase mahasiswa sudah vaksin mencapai 70 hingga 80 persen. Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III), Sukardi Weda.

“70 hingga 80 persen yang sudah vaksin, PTM terbatas sudah bisa dilakukan tetapi blended,” jelasnya saat ditemui Profesi di ruangannya, Kamis (2/9).

Simak empat manfaat vaksinasi berikut ini

1.Meminimalisir penyebaran virus

Vaksin Covid-19 meminimalisir penyebaran virus. Ketika orang yang telah divaksin masih terpapar COVID-19, maka vaksin yang telah disuntikkan ke dalam tubuh akan mencegah tubuh mengalami gejala parah akibat virus Corona. Apabila terinfeksi, maka vaksin bisa membantu meminimalisir penyebaran virusnya.

2.Membentuk antibodi

Vaksin Covid-19 terbukti bisa membantu membentuk respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Bahkan, pada orang yang sudah pernah terinfeksi COVID-19 sekalipun, penelitian menunjukkan bahwa vaksinasi terbukti menyediakan perlindungan bagi orang-orang yang sebelumnya pernah terpapar virus ini.

3.Melindungi orang-orang di sekitar

Manfaat vaksinasi Covid-19 tak kalah pentingnya adalah vaksin yang kita dapatkan juga bisa membantu melindungi orang di sekitar kita. Sebab, apabila kita terinfeksi virus Corona, maka kita berisiko menularkannya ke orang-orang di sekitar kita. Karenanya, vaksinasi COVID-19 menjadi cara terbaik untuk mencegah penularan virus ini.

4.Menciptakan kekebalan kelompok

Vaksinasi COVID-19 juga bermanfaat untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity. Untuk mendapatkan manfaat vaksinasi COVID-19 yang satu ini, para ahli percaya dibutuhkan 70 persen dari populasi untuk divaksinasi. Apabila manfaat tersebut telah tercapai, maka aktivitas normal seperti sebelum pandemi diharapkan dapat kembali dilakukan. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani