Pelatihan sablon oleh tim dosen UNM. Foto-ist

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) menggelar pelatihan wirausaha sablon atau percetakan dengan Screen Printing Machine Rotary System yang ditujukan bagi Alumni UNM. Kegiatan ini dilaksanakan di Ugis T-Shirt Makassar, Minggu (22/8).

PKM ini dilakukan oleh 3 dosen yaitu Labusab selaku ketua PKM, serta Ismail Aqsha dan Andi Baso Kaswar selaku anggota. Pelatihan ini diikuti 30 alumni UNM, materi pelatihan terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama peserta diberikan materi ‘Entrepreneurship di Masa Pandemi Covid-19’ oleh Labusab dan materi ‘Pengenalan Percetakan dan Teknik Penyablonan Baju’ oleh Rais Akbar selaku Owner Ugis T-Shirt Makassar.

“Pada sesi ke dua, peserta menuju ke lokasi workshop Ugis T-Shirt Makassar untuk melakukan praktik percetakan baju,” kata Ketua PKM Labusab.

Ia menjelaskan tujuan dari pelatihan ini yaitu mendorong alumni UNM berwirausaha di situasi pandemi saat ini. Serta, kepedulian dosen terhadap alumni pada masa krisis pandemi Covid-19. Ia juga berharap ilmu yang diperoleh selama kegiatan berlangsung dapat bermanfaat dan menjadi kompetensi tambahan yang dimiliki peserta.

“Sehingga dengan begitu peserta diharapkan dapat survive ditengah kondisi pandemic covid-19 yang terjadi saat ini,” jelasnya.

Pelatihan ini juga melahirkan Komunitas Pa’ Sablon Alumni UNM. Komunitas ini diharapkan mampu mengembangkan wirausaha baru serta nantinya tetap eksis walaupun di masa pandemi.

“Terima kasih kepada tim pengabdi UNM yang sudah memberikan bekal skill dan pengalaman dalam berwirausaha kepada alumni UNM,” kata Ketua Komunitas Pa’ Sablon Alumni UNM, Mudabbir.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama FT UNM dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM. Sebelumnya LP2M secara rutin menggelar PKM bersama dosen UNM.

Repoter: Fahmi Usta Wardani Bahtiar