Pamflet lomba Pertanian Berkarya (Pakar) Jilid VI, (Foto-Ist).

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) kembali mengadakan Pertanian Berkarya (Pakar). Pakar ke-VI ini berlangsung 4 September hingga 24 Oktober.

Pakar merupakan lomba karya tulis ilmiah yang rutin digelar setiap tahunnya oleh HMPS PTP FT UNM. Pakar VI kali ini mengusung tema “Optimalisasi SDM yang Inovatif dan Produktif dalam Menjaga Ketahanan Pangan Nasional Di Era Pandemi Covid-19”.

Bioteknologi Pangan, Bioteknologi Perikanan, Pangan Fungsional, Aquakultur, Robotika Pertanian, Produk Herbal, Pengolahan Limbah, Hidroponik, hingga Alat dan Mesin Pertanian juga menjadi subtema kegiatan ini.

Ketua Panitia, Muh. Arif Desriawan mengatakan Pakar sebagai sarana untuk mewadahi anak bangsa dalam mengembangkan ide kreatif dan inovatif.

“Untuk mewujudkan kemandirian pangan dalam bidang teknologi pertanian yang berkelanjutan,” katanya.

Lanjut, mahasiswa angkatan 2018 ini mengatakan Pakar VI ini dari tahun-tahun sebelumnya ialah lomba esai yang diperuntukkan bagi mahasiswa perguruan tinggi.

“Kalau sekarang ada lomba KTI dan inovasi untuk SMA, Esai untuk perguruan tinggi, dan lomba video untuk semua tingkatan,” tambahnya.

Terakhir, Ia berharap dengan diadakannya kegiatan ini meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam sektor pertanian.

“Dari sini cikal bakal pertanian Indonesia bisa jadi lebih maju,” tutupnya. (*)

*Reporter: Mujahidah/Editor: Fahmi Usta Wardani Bahtiar