Foto: Muhammad Fadhli Ajra saat melaksanakan pelatihan Mindfulness. (Foto: Ist).
Foto: Muhammad Fadhli Ajra saat melaksanakan pelatihan Mindfulness. (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Beberapa mahasiswa yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan program mindfulness sebagai upaya peningkatan self esteem pada remaja korban bullying.

Tim yang beranggotakan empat orang terdiri dari Arinil Hidayah Bur dan Andi Muhammad Fadhli Ajra dari Fakultas Psikologi (FPsi), Aulia Mukhlisa dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Bukhari Naufal dari Fakultas Teknik (FT), di bawah bimbingan dari Muhammad Rajan Piara selaku dosen FPsi.

Muhammad Fadhli Ajra selaku anggota tim mengatakan PKM ini termotivasi dari keresahan banyak orang terhadap bullying. Menurutnya, kita harus tanggap dalam menangani bullying karena dapat berdampak pada mental dan psikis seseorang.

“PKM ini beranjak dari keresahan terhadap dampak bullying bagi mental seseorang. Maka dari itu, kita melakukan pelatihan mindfulness untuk meningkatkan self esteem korban bullying,” katanya.

Mahasiswa yang kerap disapa Fadhli ini juga mengatakan, PKM ini dilakukan di dua sekolah, tepatnya di SMPN 23 Makassar dan SMP 30 Makassar dengan mengambil masing-masing lima pelajar untuk diikutkan dalam program tersebut.

“Jadi, sepuluh orang korban bullying ini nantinya akan mendapatkan pelatihan. Kita juga mendapatkan apresiasi penuh dari sekolah tersebut karena mereka bisa merasakan manfaatnya secara langsung,” ujar mahasiswa angkatan 2018 tersebut.

Lebih lanjut, Fadhli juga menyampaikan tujuan dari PKM ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri dari korban bullying dan menjadikan mereka agen anti-bullying melalui ilmu yang didapatkan selama pelatihan.

“PKM ini ditujukan kepada mereka dengan harapan sepuluh orang korban bullying tersebut bisa menjadi agen anti-bullying di sekolah maupun di lingkungan kesepeuluh anak tersebut melalui ilmu yang telah mereka dapatkan,” tuturnya.

Terakhir, Ia berharap semoga PKM yang telah lolos pendanaan Kemendikbud Ristek ini dapat tembus ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXXIV dan menorehkan prestasi baru untuk UNM.

“Alhamdulillah, sudah lolos pendanaan. Semoga nantinya PKM ini bisa lolos lagi di tingkat nasional melalui ajang PIMNAS ini,” harapnya. (*)

*Reporter : Trisakti Akbar/Editor : Irsan Juliani