Ilustrasi kekerasan seksual. Foto-Int

PROFESI-UNM.COM – Dampak dari kasus kekerasan seksual sangat besar terhadap korban. Hal ini disampaikan Psikolog Novita Maulidya Jalal. Menurutnya dampak yang terjadi pada korban kekerasan seksual berbeda-beda dilihat dari berbagai hal mulai dari usia ataupun ketangguhan diri dari korban sendiri.

Namun, dalam hal psikologis, korban akan terus memikirkan tragedi yang terjadi dan menganggap akan menjadi aib bagi dirinya sehingga merubah dirinya menjadi rendah diri bahkan menyalahkan diri sendiri.

“Perasaan kaget itu pasti menjadi tahap awal tapi bila korban ini memiliki ketangguhan yang baik dan dukungan dari lingkungan maka korban akan sampai ditahap bergaining atau pertimbangan apakah harus terpuruk atau bangkit,” katanya.

Lebih lanjut, Novita menjelaskan nanti di tahap ketiga korban akan depresi atau putus asa namun ada juga korban yang akan menerima kejadian itu dan menjadikannya pelajaran hidup. Namun, hal ini tidak terjadi ke semua korban tentunya bisa terjadi tergantung dukungan kepada korban dari dirinya sendiri dan lingkungannya.

“Kejadian ini bisa mengganggu kehidupan pribadi terkadang kehilangan kosentrasi belajar dan beraktivitas,” tuturnya.

Novita juga mengungkap bahwa lingkungan sangat berpengaruh terhadap dampak yang dialami korban. Orang-orang terdekat korban harus selalu dekat agar korban tidak merasa sendiri.

“Lingkungan jangan buru-buru menilai, tapi paling penting korban harus merasa aman dulu,” jelasnya.

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan