Buku Ekonofisika, Solusi Pembelajaran di Era Pandemi yang diciptakan oleh PKM-RSH UNM, (Foto-Ist).

PROFESI-UNM.COM – Tim PKM-RSH Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penelitian tentang Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Fisika dengan Strategi REACT Berbasis Ekonofisika sebagai Solusi Pembelajaran Era Pandemi. Tim PKM ini diketuai oleh Nur Indah Jaya, dan anggota Agustin Wahyu Trisna Ningrum dari Jurusan Fisika FMIPA, dan Muhammad Nur Ghani Ilham Muhtar Jurusan Matematika.

Ketua tim, Nur Indah Jaya menuturkan Fisika identik dengan matematika, dengan kata lain matematika merupakan alat komunikasi untuk menyelesaikan berbagai soal fisika. Namun, hasil survei rata-rata siswa mengalami kesulitan dalam memaknai rumus fisika dan cenderung bosan karena buku hanya menuliskan rumus tanpa ada pemaknaan pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari.

“Fisika sangat berkaitan dengan Matematika, tapi biasanya orang cepat bosan karena rumusnya tidak dimengerti,” ujar ketua tim.

Indah, sapaannya, menambahkan pembelajaran daring di masa pandemi memiliki beberapa keterbatasan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka Tim PKM mengembangkan Buku Ekonofisika Berstrategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Coperating dan Transfering.

Dengan judul buku “Ekonofisika : “Nalar Fisika dalam Dinamika Ekonomi” berisi dinamika dan keterkaitan antara fisika dan dunia ekonomi agar siswa tidak hanya menghapalkan rumus saja namun dapat mengaplikasikan teori dalam meningkatkan dinamika ekonominya di kehidupan sehari-hari.

“Di tengah pandemi ini juga siswa mengalami beberapa keterbatasan dalam melakukan percobaan, sehingga keunggulan lainnya pada buku ini memiliki penugasan eksperimen sederhana yang dapat dilakukan siswa di rumah masing-masing,” jelasnya.

Indah berharap buku ini dapat digunakan secara meluas pada berbagai sekolah khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Atas.

“Peserta didik menunjukkan ketertarikan sama buku ini, semoga bisa digunakan secara luas,” harapnya

Buku ini telah di ujicobakan kepada peserta didik SMAN 6 Takalar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan serta telah memilki HaKI (Hak atas Kekayaan Intekektual) dan hasil uji coba buku menunjukkan bahwa buku tersebut valid, praktis, dan efektif. (*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama