Tim PKM-RSH UNM meneliti tradisi Sisemba di Toraja. Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Sosial Humaniora (PKM – RSH) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penelitian berjudul “Permainan Sisemba sebagai Tradisi Panen Masyarakat Toraja” di Desa Bori’ Lombongan-Poros Tallunglipu, Kecamatan Sesean, Toraja Utara pada Juli lalu. Tim ini diketuai oleh Maria Rosari Dae Langlera, dan beranggotakab Hasnah Hasanuddin, dan Amanda Angelina Moonik dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) dan Fakultas Ilmu Sosial (FIS).

Sisemba sendiri merupakan permainan adu kaki, tradisi ini dilaksanakan sebagai bentuk pengucapan syukur saat panen telah usai. Permainan Sisemba atau adu kaki ini dilakukan oleh pria dari berbagai kalangan usia.

Ketua tim, Maria Rosari Dae Langlera menjelaskan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai salah satu tradisi dari masyarakat Toraja yang jarang diketahui khayalak banyak dengan data yang dihimpun dari pemangku adat dan masyarakat sekitar.

“Pengambilan data dilakukan dengan proses wawancara dengan beberapa narasumber, diantaranya pemangku adat, pemain Sisemba, dan masyarakat sekitar yang menyaksikan permainan Sisemba ini.”, Jelasnya.

Sejalan dengan itu, Amanda pun ikut berkomentar tentang proses konsultasi pada pembimbingnya via online.

“Sebelum melaksanakan penelitian di Toraja kami telah melakukan konsultasi bersama dosen pembimbing baik via online maupun langsung,” ujarnya.

Lanjut, Ia berharap tradisi ini dapat terus di lestarikan agar masih bisa dirasakan oleh generasi muda di masa depan.

“Semoga bisa terus lestari, karena ada banyak tradisi indah di Tana Toraja khususnya sisemba ini,” katanya.

*Reporter: Mujahidah/Editor: Fahmi Usta Wardani