Mahasiswa melakukan riset psikologi terhadap masyarakat Gowa selama diterapkannya PPKM, (Foto-Ist).

PROFESI-UNM.COM – Beberapa mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset (PKM-R) melaksanakan penelitian untuk mengetahui psikologis masyarakat Gowa selama diterapkannya kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19 pada Mei lalu.

Mahasiswa berjumlah empat orang itu bernama Muh Yusran sebagai ketua tim dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) dan anggota Muhammad Nur Alim, Nufadliah dan Fitria Indah Saraswati dari Bimbingan dan Konseling.

Hasil penelitian menunjukkan respon dari masyarakat sekitar 80% merasa cemas terhadap kebijakan PPKM pemerintah. salah satu responden bernama Baso mengaku tidak setuju dengan kebijakan pemerintah.

“Kebijakan pemerintah terkait Covid-19 membuat penghasilan menurun sehingga kami kesulitan untuk makan sehari-hari,” ungkap Baso.

Ketua tim, Yusran mengatakan bahwa penelitian ini diadakan untuk mengetahui perbedaan psikologis masyarakat terhadap kebijakan pandemi Covid-19.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tindak tutur pemerintah terhadap psikologis masyarakat gowa berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan ekonomi.” Ucapnya.

Lanjut, Ia berharap agar pemerintah dan masyarakat mengetahui pentingnya menjaga kondisi mental dan pengaruh tindak tutur terkait kebijakan pemerintah.

“Semoga hasil dari penelitian dapat menjadi acuan bagi pemerintah dan masyarakat untuk lebih siap dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19,” harapnya.

*Reporter: Annisa Puteri Iriani