Foto tim PKM-PM UNM bersama peserta pelatihan di TPA Antang, Kota Makassar, Minggu (5/9).

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pemberdayaan Manusia (PKM-PM) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pelatihan pengabdian di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Tamangapa Antang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (5/9).

Program yang dicanangkan dalam kegiatan PKM-PM ini merupakan pelatihan pembuatan Ecobrick dari sampah plastik dan tujuan kegiatan pelatihan ini untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan pengolahan sampah di TPA Antang.

Pelatihan pembuatan Ecobrick sebagai alternatif dalam mengelola sampah plastik yang banyak terdapat di TPA Antang, hal ini sebagai salah satu solusi dalam mengurangi sampah.

Salah satu anggota tim PKM-PM UNM Gian Fikriansyah. B mengungkapkan bahwa pelatihan ini bukan hanya sekedar pelatihan dalam membuat Ecobrick, namun dilatih cara membuat suatu inovasi barang yang berguna dan juga dapat bernilai jual.

“Pelatihan yang kami buat bukan sekedar pembuatan Ecobrick, tetapi para pemulung diajarkan untuk membuat terobosan barang yang bernilai uang,” ungkapnya seperti produk dari Ecobrick yang akan dibuat oleh istri pemulung adalah sofa,” katanya.

Tim PKM-PM ini terdiri dari Nur Elisa (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) dengan 4 rekan lainnya yaitu Gian Fikriansyah. B, Muh. Fajrul, Ria Rahayu Wulandari Surya (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) serta dengan Dosen Pendamping yakni Rissa Megavitri. (*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan A.N