Ketua Tim PKM-RSH Ainun Mutmainnah - (foto-ist)
Ketua Tim PKM-RSH Ainun Mutmainnah - (foto-ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Sosial Humaniora (RSH) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penelitian pengembangan media edukasi pencegahan bullying kepada anak. Riset yang diajukan ini mengambil judul ‘Media Treasure Map sebagai Peningkatan Sikap Prososial Bystander pada Kasus Bullying Anak’.

Tim peneliti PKM-RSH, Ainun Mutmainnah, merupakan mahasiswa Psikologi UNM angkatan 2018. Yang beranggotakan Andi Azwar Dwiyan dan Afifah Azzahrah yang berasal dari jurusan Psikologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNM. Tim ini sendiri dibimbing oleh Dosen yang juga sekaligua Kaprodi Program Magister Psikologi UNM.

Ketua tim, Ainun Mutmainnah, menyampaikan jika tujuan diadakannya penelitian ini agar memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan bagi anak tetapi tetap memberikan nilai yang mampu mencegah bullying.

“Tujuannya untuk memberikan pelajaran terkait bullying sambil bermain yang menarik dan menggunakan metode baru agar siswa itu bisa mengaplikasikan nilai-nilai yang dipelajari di kehidupan sehari-harinya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ainun, menyampaikan jika alasan timnya mengangkat hal ini karena tindakan bullying menurutnya merupakan hal yang sudah tergolong genting sehingga diperlukan tindakan lebih lanjut.

“Karena sangat banyak kasus bullying dan salah satu hal yang sangat darurat di indonesia, jadi kami membuat salah satu media ini untuk anak belajar untuk mencegah lebih awal dari tindakan bullying,” ujarnya.

Selanjutnya, Andi Azwar Dwiyan, anggota tim menyampaikan jika penelitian yang telah mereka lakukan ini telah disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Dalam penelitian yang sudah dilakukan awalnya direncanakan dilakukan di sekolah, namun karena kebijakan PPKM di awal Agustus kemarin, makanya kami modifikasi dari peserta uji coba hingga bentuk media,” jelasnya.

Mahasiswa FPsi 2018 ini menjelaskan jika agenda selanjutnya adalah mengunggah laporan kemajuan dan artikel ilmiah ke jurnal pilihan agar nantinya mengikuti pelaksanaan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) 2021 secara daring.

“Selanjutnya menyelesaikan laporan dan artikel ilmiah dan Insyaa Allah akan mengikuti PKP2 yang akan dilaksankan mulai senin depan hingga tanggal 18 September mendatang,” ujarnya.

Terakhir, Ainun berharap agar nantinya dalam presentasi yang mereka lakukan dapat berjalan sesuai harapannya.

“Semoga dalam presentasi di PKP2 nanti tanggal 13 September bisa berjalan lancar,” tutupnya. (*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama