Rapat perancangan sistem perangkat alternatif telekomunikasi pasca bencana - (foto-ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Tenik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) ciptakan aplikasi Hope Notifucation sebagai alternatif perangkat komunikasi darurat untuk daerah terdampak bencana alam. Aplikasi ini diklaim dapat mempermudah masyarakat terdampak bencana, karena tidak membutuhkan jaringan.

Mahasiswa pembuat aplikasi ini berasal dari beberapa Prodi di FT, yaitu Nurul Istiqamah Qalbi dari Teknik Komputer, Muh. Syukron Kurniawan dari JTIK, dan Muh. Alief Anungrah dari Pendidikan Teknik Eektro.

Ketua Tim, Nurul Istiqamah Qalbi, menjelaskan bahwa aplikasi Hope Notifucation dapat digunakan walaupun tidak terhubung dengan provider.

“Sebagai alternatif alat komunikasi pasca bencana mirip ji Handphone cuman harus pakai provider, kalau alat yang saya punya tidak karena bisanya pasca bencana itu jaringan terputus,” paparnya.

Mahasiswa prodi Teknik Komputer ini mengatakan bahwa terdapat fitur yang otomatis mengirim pesan permintaan pertolongan dan lokasi ke posko.

“Fitur-fiturnya ada panic button jadi ketika nantinya korban butuh pertolongan cepat tinggal klik fitur panic button pada aplikasi dan secara otomatis akan mengirimkan data lokasi,” ujarnya.

Nurul, sapaanya mengatakan terdapat fitur korfirmasi keamanan, dapat digunakan berkomunikasi untuk memperjelas keadaan dan kebutuhan korban.

“Terus ada fitur konfirmasi keamanan jadi setelah korman mengirim sinyal minta tolong dengan menekan tombol panic button, dan direspon oleh pihak posko bantuan,” katanya.

Terakhir, mahasiswa angkatan 2019 ini menambahkan terdapat fitur edukasi, fitur paduan keamaan dan tersedia informasi terkini terkait bencana alam. Fitur-fitur tersebut berfungsi memberitahu persiapan mengantisipasi bencana, saat bencana dan pasca bencana.

“Apliaksi ini juga menyediakan fitur edukasi bencana dalam fitur panduan keamanan jadi pengguna juga bisa mengetahui apa yang harus mereka siapkan untuk mengantisipasi bencana, saat bencana dan pasca bencana,” tuturnya. (*)

*Reporter: Sri Bulan/Editor: Murni