Pelatihan Blowfish Advanced CS LPPM UNM (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pelatihan Blowfish Advanced CS di Laboratorium Komputer Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Makassar, Kamis (2/9).

Salah satu guru sekaligus fasilitator, Yohannes Mainda mengatakan pelatihan ini bertujuan memberikan pelatihan keamanan sistem komputer dan diikuti sebanyak 15 peserta training dan 2 guru sebagai fasilitator.

“Kegiatannya satu hari dari pagi sampai siang, pesertanya 15 siswa kelas XI, 4 guru serta 2 guru membantu pemateri (tepatnya fasilitator),” katanya.

Terakhir, Yohannes berharap para siswa yang mengikuti pelatihan dapat mengimplementasikan pengetahuan di dunia kerja serta mampu menciptakan sebuah akses internet yang aman dari serangan cyber (cybercrime).

“Harapan saya untuk motivasi para siswa terutama yang ikut, untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat ke dalam keseharian pekerjaannya yang berkaitan dengan pengaksesan internet dan fasilitas lain berbasis IT dengan aman,” harapnya. (*)

*Reporter: Muh. Raihan/Editor: Agatoni Buttang