Pelaksanaan PKM - (Foto: Ist).
Pelaksanaan PKM - (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penelitian dengan judul ‘Pengembangan Metode Menulis Diary Berbasis Pendekatan Psychowriting Sebagai Upaya Mengurangi Kecemasan Berlebihan Bagi Penderita Anxiety Disorder’.

Nurul Asmaul Husna, Ketua tim PKM mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan berlebih pada anak penderita anxiety disorder.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu penderita anxiety disorder sebagai upaya mengurangi kecemasan berlebihan yang mereka alami melalui metode menulis diary berbasis pendekatan psychowriting,” ujarnya.

Ana, sapaannya, menambahkan hasil capaian dari penelitian ini nantinya adalah mengetahui pengaruh respon subjek terhadap menulis diary berbasis psychowriting.

“Mengetahui bagaimana respons subjek terhadap penerapan metode menulis diary berbasis pendekatan psychowriting dan pengaruh dari penerapan metode menulis diary berbasis pendekatan psychowriting terhadap kecemasan subjek,” katanya.

Ana pun berharap penelitian ini mampu memberi solusi dan mengurangi jumlah penderita anxiety disorder.

“Semoga kecemasan berlebihan penderita anxiety disorder dapat berkurang atau bahkan menghilang dengan penerapan metode menulis diary berbasis pendekatan psychowriting yang kami terapkan,” harapnya. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani