PROFESI-UNM.COM – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penelitian mengenai tindak tutur bahasa dan kebutuhan publik. Dengan judul ‘Model Tindak Tutur Berbahasa pada Imbauan Pemenuhan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 dan Pengaruhnya terhadap Kepatuhan Publik’.

Penelitian ini dilakukan oleh Putri Magfirah Salsabila sebagai ketua tim, Sitti Nurfadhilah Basir, dan Ainun Mutmainnah sebagai anggota.

Ketua tim, Magfirah mengatakan penelitian ini bertujuan untuk memberikan arahan kepada pemerintah mengenai imbauan yang tepat pada masyarakat terkait Covid.

“Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tindak tutur berbahasa apa saja yang digunakan oleh pemerintah dalam memberikan imbauan protokol kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Ia pun menambahkan bahwa penelitian ini nantinya dapat berpengaruh bagi imbauan protokol kesehatan terhadap kepatuhan publik.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya tindak tutur berbahasa yang digunakan pemerintah untuk memberikan imbauan protokol kesehatan terhadap kepatuhan publik,” katanya.

Ia pun berharap nantinya penelitian ini dapat dijadikan panduan untuk model komunikasi akurat bagai pemerintah dalam memberikan imbauan kepada masyarakat.

“Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, besar harapan peneliti untuk bisa menyebar luaskan hasil penelitian tersebut, dikarenakan penelitian ini berpotensi untuk menjadi panduan yang dapat digunakan sebagai model komunikasi,” harapnya. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani