Mahasiswa JTIK FT UNM Ciptakan Aplikasi Start UF

0
185

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (JTIK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil menciptakan sebuah aplikasi yang bernama Start UF.

Aplikasi tersebut bergerak di bidang perangkat lunak health care yang membantu masyarakat untuk memilih informasi mengenai jenis obat secara rinci dan penyediaan jasa perawat.

Ketua tim, Sugiawan mengatakan bahwa aplikasi ciptaan bersama timnya terinspirasi dari salah satu drama Korea Selatan yakni aplikasi Noonggil dalam drama Star-Up.

“Terinspirasi dari film drakor Start-Up yang membuat aplikasi yang namanya Noonggil, kami berfikir kenapa kita tidak buat aplikasi deteksi objek juga tapi versi yang lain,” ujarnya.

Mahasiswa angkatan 2018 ini juga menuturkan aplikasi tersebut bisa membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat serta dapat berkonsultasi ke dokter dari rumah di tengah pandemi seperti saat ini.

“Salah satunya adalah kesulitan menemukan obat yang tepat untuk di konsumsi ketika sakit. Karena seperti yang kita ketahui di masa pandemi ini setiap orang membutuhkan suplemen atau semua jenis obat untuk daya tahan tubuh misalnya atau dengan kata lain memperkuat imun,” tuturnya.

Terakhir, Ugi, sapaannya, mengungkapkan pembuatan aplikasi tersebut berdasarkan keresahan masyarakat mengenai informasi obat secara detail untuk pengguna umum agar masyarakat dapat dengan mudah mengetahui berbagai jenis obat.

“Berdasarkan permasalahan tersebut, kami termotivasi membuat sebuah Aplikasi Home Care dan pengenalan jenis obat dengan Object Recognition berbasis Android,” ungkapnya.

Tim pembuat aplikasi Star UF terdiri dari Sugiawan, Trisakti Akbar dan Bukhari Naufal Nur A.G, mereka bertiga mencari informasi-informasi atau permaslahan yang dialami masyarkat dimasa pademi. Sehingga munculah ide membuat Star UF. (*)

*Reporter: Sri Bulan/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan A.Nd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini