PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Karsa Cipta (KC) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) ciptakan Smart Scooter berbasis panel surya.

Menggunakan sistem Object Detection yang terintegrasi dengan Raspberry Pi 4 memungkinkan kamera yang terpasang pada scooter mendeteksi lubang saat digunakan. Alat ini juga bisa menghindari lubang atau hambatan yang ada di depan secara otomatis.

Mahasiswa yang terlibat dalam pengembangan Smart Scooter ini yaitu Annisa As’ad, jurusan Teknik Informatika dan Komputer (JTIK), Muh. Ilham Wahyullah Sam, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) dan Samsul Fajri, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin.

Salah satu tim PKM, Muh. Ilham Wahyullah Sam mengatakan proses perakitan Smart Scooter ini dilakukan di Laboratorium Teknik Komputer FT UNM dan pembuatan rangka dikerjakan di Laboratorium Pengelasan Teknik Mesin.

“Pembuatan smart scooter ini di fakultas teknik laboratorium prodi teknik komputer untuk perakitan dan untuk pembuatan rangka scooter di kerjakan di laboratorium pengelasan teknik mesin,” katanya, pada Selasa (31/8).

Lebih lanjut, Ia juga mengatakan Smart Scooter ini ramah lingkungan karena mengunakan bahan bakar terbarukan.

“Salah satu tujuan dari smart scooter berbasis panel surya ini ialah dapat menjadi kendaraan yang ramah lingkungan karena penggunaan panel surya,” ujarnya.

Mahasiswa angkatan 2018 ini mengatakan, tak hanya ramah lingkungan Smart Scooter ini juga menggunakan Object Detection yang terintegrasi dengan Raspberry Pi 4, dengan kamera yang bisa mendeteksi lubang secara otomatis.

“Scooternya itu berbasis object detection menggunakan Raspberry Pi 4. Pada raspinya terpasang kamera yang bisa mendeteksi lubang sehingga nanti pada saat berjalan di depan dan ada lubang, scooternya bisa menghindari lubang atau hambatan di depan,” jelasnya.

Terakhir, Ia juga berharap kedepannya Smart Scooter ini dapat dikembangkan lebih baik lagi dengan berbagai fitur-fitur baru yang lebih canggih.

“Saya berharap alat ini dapat dikembangkan lebih baik lagi dengan inovasi yang lebih keren,” harapnya. (*)

*Reporter : Rezky Fadilah/Editor: Agatoni Buttang