PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Teknik Komputer (Tekom) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Nur Yusri Maulidin Yusuf berhasil lolos seleksi program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) dan telah menjalani proses mentoring secara online.

Nur Yusri menyebut dirinya mendaftar di 12 perusahaan dan lolos sebagai peserta magang Mobile Developer di PT. Global Intra Talenta (Glints), perusahaan yang bergerak sebagai media perantara dengan hiring company di Bank UOB Singapura.

“Saya daftar di beberapa perusahaan, total ada 12 perusahaan yang saya daftar”, ungkapnya.

Nur Yusri megaku tidak kesulitan dalam mempersiapkan pendaftaran magang karena CV dan portfolio sudah berisi pengalaman dan project yang Ia kerjakan sejalan dengan posisi yang dilamar sebagai mobile developer.

“Untuk kesulitan saya rasa tidak ada yah, karena saya persiapkan CV dan portfolio itu relevan dengan posisi yang ku daftar, yang kebetulan saya kebanyakan daftar sebagai mobile developer, jadi isinya semua tentang pengalaman dan projek yang saya kerjakan tentang pengembangan aplikasi mobile,” akunya.

Mahasiswa Teknik Komputer itu menjelaskan dirinya memiliki motivasi dalam mengambil program magang kampus merdeka ini sebagai bekal dalam mempersiapkan dirinya menghadapi dunia kerja.

“Saya mau terapkan skill atau keilmuan yang sudah saya pelajari, untuk berkontribusi mengerjakan projek-projek real yang dikembangkan oleh perusahaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yusri, sapaannya, mengaku sudah siap untuk magang. Namun, Ia masih menunggu kabar penempatan dari Perusahaan Bank UOB Singapura setelah sesi interview.

“Saya rasa sudah sangat siap karena kami di Glints dimentori dan dibimbing untuk kesiapan karir kita berupa technical skills dan soft skills bersama dengan orang-orang yang sudah berpengalaman”, ungkapnya.

Terakhir, Ia berpesan seluruh mahasiswa khususnya yang masih berada di semester awal untuk dapat memanfaatkan dan ikut berpartisipasi dalam program MBKM. Ia mengatakan tidak hanya mendapat pengalaman, kalian juga bisa mendapatkan subsidi UKT dan uang saku selama program berlangsung.

“Untuk seluruh mahasiswa, terkhusus untuk yang masih semester-semester awal, ikuti dan manfaatkan program MBKM ini dengan sebaik-baiknya, karena program ini sangat keren dan kalian akan mendapatkan berbagai macam pengalaman beragam yang tidak kalian dapatkan di kampus, untuk karir kalian ke depan. (*)

*Reporter: Andi Nurul Izzah Ilham/Editor: Agatoni Buttang