Nadiem Makarim dalam webinar Merdeka Belajar: Efektivitas Pendidikan Tinggi dengan PTM Terbatas dan Bantuan UKT Kuliah, Jumat (27/8)-(Foto: Andi Gusmaniar).

PROFESI-UNM.COM -Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim secara khusus memberikan arahan bagi mahasiswa terkait kebijakan dalam mendorong kampus untuk segera melaksanakan pertemuan tatap muka (PTM) terbatas di daerah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1-3. Hal itu Nadiem sampaikan di Webinar Merdeka Belajar Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional (Permadani Diksi Nasional) bekerja sama dengan Pemuda Pelajar Merdeka dan didukung oleh Kemdikbud Ristek.

Webinar ini diadakan dalam rangka mendorong keterlibatan mahasiswa dalam penanganan Covid-19 di Indonesia terutama di perguruan tinggi yang berkaitan dengan persiapan pembelajaran tatap muka terbatas.

PTM terbatas ini adalah upaya dari pemerintah dalam memperbaiki kualitas dan meningkatkan efektifitas pendidikan tinggi di Indonesia.

“Kami mendorong kampus-kampus yang berada di daerah PPKM level 1-3 untuk segera memberikan opsi pertemuan tatap muka terbatas kepada mahasiswa,” ungkap Nadiem, Jumat (27/8).

Pada PTM terbatas, mahasiswa dituntut agar disiplin dan berkomitmen dalam menjalankan protokol kesehatan dengan ketat mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, serta melakukan etika bersin dan batuk yang benar.

“Keberhasilan PTM terbatas ini ada pada kedisiplinan mahasiswa dalam menjalankan prokes,” tegasnya.

Selain itu, Nadiem juga menekankan kepada mahasiswa untuk segera mendapatkan vaksinasi dan mensosialisakan terkait pentingnya vaksinasi ini kepada sesama mahasiswa agar pembelajaran tatap muka terbatas bisa segera dilaksanakan.

“Untuk mahasiswa yang belum divaksin, tolong segera vaksinasi. Sedangkan bagi yang sudah divaksin, sebarkan pesan kepada semua mahasiswa tentang pentingnya vaksin,” pintanya. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati/Editor: Agatoni Buttang