Dosen Sosiologi UNM memberikan pelatihan pengelolaan perpustakaan di kampung nelayan Unitia, Makassar, (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan pelatihan pengelolaan perpustakaan di Kampung Nelaya Untia, Makassar.

PKM-PM UNM ini dipimpin Ketua Program Studi (Kaprodi) Sosiologi UNM, Idham Irwansyah Idrus. Bersama dua dosen Sosiologi lainnya, Mario, dan Mauliadi Ramli.

Dengan mengusung tema ‘Gerakan Literasi Masyarakat’. Kegiatan ini menitikberatkan pada optimalisasi perpustakaan yang sudah berdiri sejak tahun 2019. Sebanyak 26 orang hadir terdiri dari pengelola perpustakaan, pemuda dan remaja Kampung Nelayan Untia, kader KB, dan mahasiswa.

Idham Irwansyah, menuturkan jika kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sejenis yang digelar tahun lalu di lokasi yang sama. Selain memberikan materi, juga diadakan pelatihan pengelolaan perpustakaan oleh dua orang pustakawan dari Perpustakaan UNM.

“Kami juga menyalurkan sumbangan buku dari beberapa penerbit dan dosen FIS-H untuk Perpustakaan Kampung Nelayan,” ucap Idham.

Disamping itu, Ketua LPM Kelurahan Untia, Dinasuddin Bundu, berterima kasih kepada Tim PKM karena telah memilih Kampung Nelayan Untia sebagai tempat berkegiatan. Ia berharap selalu mendapat pendampingan ke depan, utamanya dalam pengelolaan perpustakaan.

“Karena terus terang kami masih buta terkait hal ini. Terlebih Tim PKM UNM sudah bersedia untuk memfasilitasi penambahan koleksi buku dari berbagai sumber,” ungkapnya.

Kegiatan diakhiri dengan mengadakan aneka lomba, berupa games literasi bagi peserta dan anak-anak warga Kampung Nelayan Untia.(*)

*Reporter: Fahmi Usta Wardani Bahtiar