Ketua Prodi Administrasi Bisnis UNM, Andi Aslinda. Foto: Ist

PROFESI-UNM.COM – “Memiliki menajemen waktu,” begitulah kata yang diucapkan oleh ketua prodi Administrasi Bisnis, Aslinda ketika ditanya mengenai tips suksesnya. Bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa Makassar, siapa yang tidak kenal dengan Ketua Prodi Administrasi Bisnis ini.

Aslinda mengaku manajemen waktu sudah ia mulai dari kecil. Sedari kecil Ia sudah membiasakan dirinya untuk hidup mandiri tidak bergantung pada orang lain. Karena terlatih dengan manajemen waktu Ia pun terbiasa dengan sifat tersebut hingga mengantarkannya pada garis kesuksesan.

“Saya dari kecil itu memang sudah di didik untuk menjadi orang yang memiliki menajemen waktu,” katanya.

Memasuki usia produktifnya Ia telah terbentuk menjadi seorang wanita hebat yang tidak bergantung pada orangtuanya. Berbagai usaha pun telah Ia lakukan di usia itu.

“Saat saya sudah masuk ke umur 18 tahun, saya sudah tidak bergantung kepada orang tua, sekarang saya sudah tidak bergantung kepada orang tua,” ujar Aslinda.

Karena sudah menjadi tradisi mengatur waktu sukses dalam segala aspek karir dan pendidikan sudah menjadi hal wajar ia dapatkan. Memulai usaha di berbagai bidang sudah ia rasakan. Bahkan untuk menyelesaikan pendidikan baginya bukan sebuah perkara yang susah untuk Ia lakukan.

“Mulai dari buat bisnis, karya seni, dan berbagai usaha, sampai sekarang saya sudah punya kampus sendiri, di dalam pendidikan juga saya melatih diri untuk disiplin, jadi 3,5 tahun itu S1  saya sudah selesai,” syukur Aslinda menceritakan pengalamannya.

Setelah menyelesaikan studi dan memiliki banyak pengalaman, Ia pun berinisiatif untuk mewujudkan sebuah mimpi mulai dalam hidupnya yaitu membangun universitas untuk orang yang tidak mampu melanjutkan kuliah karena tidak memiliki biaya. “Waktu saya selesai saya melakukan berbagai usaha, selama terjun ke masyarakat itu saya melihat banyak sekali ternyata yang tidak mampu untuk sekolah, dari situlah saya bermimpi untuk memiliki kampus sendiri,” cerita ketua prodi Administrasi Bisnis ini.

Berkat usaha dan kerja kerasnya akhirnya Ia berhasil mewujudkan mimpi mulianya itu. “Memang setelah saya berhasil membuat kampus itu, banyak sekali yang saya gratiskan,” syukurnya lagi.

Meski dengan amanah yang besar dalam karir dan keluarga tapi baginya hal itu adalah hal mudah. Manajemen waktu adalah kunci sukses baginya.

“Saya kira itu adalah perjalanan yang tidak mudah, menata keluarga, bekerja keras. Tapi intinya adalah manajemen yang didalamnya ada kedisiplinan, motivasi, kepekaan,” ucap Ketua Prodi Administrasi Bisnis sekaligus Kepala Yayasan STITEK Balik Diwa Makassar ini.

Biodata

Nama              : Dr. Hj. Andi Aslinda, M.Si

TTL                : Pinrang, 10 Oktober 1969

Pekerjaan       : Ketua Prodi Administrasi Bisnis UNM

                        Ketua Yayasan Institut Teknologi Maritim dan Bisnis Balik Diwa

Pendidikan     : S1 Administrasi Negara / Universitas Hasanuddin

                        S2 Administrasi Pembangunan / Universitas Hasanuddin

                        S3 Ilmu Administrasi Publik / Universitas Hasanuddin  

*Tulisan ini telah terbit di Tabloid Profesi Edisi 249