Pelaksanaan PKM - Foto.Tini-Profesi
Pelaksanaan PKM - Foto.Tini-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa pelaksanaan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengatasi perilaku insecure anak dalam pembelajaran daring menggunakan model literasi sastra. Kegiatan ini berlangsung di SMP 27 Makassar.

Konsep ini dilakukan oleh Mar’atus Shalihah sebagai ketua tim, yang beranggotakan Kristiani Tandi Rani dan Fahmi Wardani. Dengan judul PMM ‘Model Literasi Sastra untuk Mengatasi Perilaku Insecure Anak dalam Pembelajaran Daring’.

Ketua tim, Mar’tus selaku ketua mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi perilaku insecure anak dalam pembelajaran daring.

“Dengan adanya program ini, kami berharap anak yang sempat memiliki perilaku insecure terutama dalam pembelajaran daring bisa mengubah dirinya menjadi terbuka dan percaya diri,” ujarnya.

Ia menjelaskan awal didapatkannya ide karena banyak anak insecure yang semakin tertutup dengan adanya pembelajaran daring.

“Kasihan juga anak-anak, adanya pembelajaran daring mereka semakin nyaman karena dasarnya mereka tidak suka keramaian jadi pasti berdampak buruk bagi perilaku sosialnya,” katanya.

Mahasiswa FBS ini pun mengatakan anak-anak yang dibina akan diberikan bacaan dan diajar menuliskan pengalamannya melalui karya sastra.

“Ada beberapa karya sastra yang sudah kami siapkan dalam bentuk buku model, nanti anak-anak pilih model literasi mana yang disukai lalu kemudian diajar membuat karya sesuai dengan pengalaman insecurenya,” jelas Mar’ah. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani