Pelatihan Pengelolaan Google di Maros. (Foto: Ist)
Pelatihan Pengelolaan Google di Maros. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pelatihan di Sekolah Dasar (SD) Inpres Kirusumange yang diikuti oleh 21 guru SD dari 17 sekolah yang ada di Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros.

Tema kegiatan ini adalah ‘Pelatihan Pengelolaan Google Classroom Bagi Guru SD di Kabupaten Maros’ dan tema tersebut diangkat karena latar belakang adanya pandemi Covid-19 yang membawa perubahan luar biasa di dunia pendidikan dengan tidak diperbolehkannya proses pembelajaran secara tatap muka.

Tujuan kegiatan ini adalah agar para guru yang mengikuti kegiatan PKM ini memiliki pemahaman lebih dalam, sehingga dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran daring khusunya untuk penggunaan Classroom.

Salah satu tim pengabdi, Syamasurijal menjelaskan kepada guru-guru bahwa inti dari pembelajaran dalam jaringan (daring) adalah bagaimana cara membuat siswa paham.

“Guru dikatakan berhasil dalam mengajar, jika siswanya paham. Jadi, inti dari pembelajaran daring ini sebenarnya bagaimna kita guru dapat membuat siswa paham,” jelasnya.

Lebih lanjut, tim pengabdi juga menjelaskan bahwa hal yang paling penting dalam pembelajaran daring yaitu adalah jaringan.

“Yang paling penting sebenarnya dari ini semua adalah jaringan. Tidak ada bisa jalan kalau jaringan tidak lancar,” ungkap tim pengabdi.

Selain itu, tim pengabdi juga turun langsung mendampingi guru-guru untuk mengajarkan tata cara pengelolaan Classroom, mulai dari pembuatan kelas, memasukkan materi, hingga memasukkan tugas di aplikasi kepada guru-guru Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros dikarenakan masih ada beberapa guru yang tidak mengerti penggunaan Classroom.

Tim pengabdi terdiri dari dosen AP FIP UNM di antaranya Irmawati, Syamsurijal Basri, dan tiga mahasiswa yaitu Ahmad Restani, Andi Tenri Abeng serta Tenri Wali. (*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan A.N