Tumpukan Sampah. (Foto: Fahmi)
Tumpukan Sampah. (Foto: Fahmi)

PROFESI-UNM.COM – Tumpukan sampah yang berada di belakang pintu masuk Lapangan Futsal Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Makassar (UNM) sudah lama tak kunjung diangkut dan berserakan hingga ke jalan, Jumat (28/8)

Salah satu petugas kebersihan, Ati mengatakan tumpukan sampah yang kian menggunung ini terjadi karena belum adanya truk pengangkut sampah dan kurangnya kedisiplinan beberapa petugas kebersihan.

“Tidak ada masuk di sini pengambil sampah, lama mi itu. Bukan mahasiswa yang buat itu, yang di ruangan itu yang membersihkan,” katanya.

Lanjut, Ia juga mengatakan tumpukan sampah itu memberikan pemandangan yang tidak nyaman apalagi sampah-sampah tersebut meluber ke badan jalan. Selain itu, penumpukan sampah juga terjadi akibat ulah penonton yang membuang sampah sembarangan

“Bukan apanya kalau menumpuk mi tidak baik mi di lihat. Apalagi di jalanan pandangan pertama itu. Apalagi kalau ada pertandingan di lapangan, seenaknya saja buang sampah yang masuk lihatki pertandingan,” katanya.

Di sisi lain, Juhanis, salah satu pelatih petanque mengatakan tumpukan sampah tersebut menjadi hal yang lumrah terjadi di kampus kesehatan jasmani itu. Ia mengatakan petugas mengangkut sampah hanya setiap tiga bulan sekali.

“Itu hal yang sudah biasa. Banyak pi baru ada mobil sampah masuk ambil. Di tumpuk dulu, biasa tiga bulan baru masuk mobil sampah ambil ki. Karena tidak mau juga na ambil kalau tidak satu mobil,” katanya. (*)

*Reporter: Nur Qodriah Syafitri/Editor: Agatoni Buttang