Screen shoot lolos pendanaan dari Kemendikbudristek, (18/8). Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil lolos pendanaan Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sebelumnya, pada 25 April 2021, tim dari UKM Pramuka UNM mendapatkan undangan dari Kemendikbud untuk mengirimkan proposal P3D yang merupakan lanjutan PHP2D 2020. Pada 28 Juni 2021 dikeluarkan pengumuman dan tim P3D UKM Pramuka UNM dinyatakan lolos pendanaan.

Ketua Tim P3D UKM Pramuka UNM, Mifta Aulia Mustafa mengatakan hanya UNM yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan untuk lolos pendanaan P3D dari Kemendikbudristek.

“68 tim dari seluruh universitas yang ada di Indonesia dan alhamdulillah untuk Sulsel, UNM yang mewakili lewat UKM Pramuka UNM,” katanya, Rabu (18/8).

Lanjut, mahasiswi angkatan 2018 ini mengungkapkan rasa bahagia dan tidak menyangka jika timnya dapat undangan dari Kemendikbudristek dan berhasil lolos pendanaan P3D untuk tahun ini.

“Tentunya bahagia campur haru, karena tim kami mampu bersaing dengan tim lain dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia. Awalnya tidak menyangka akan dapat undangan dari pihak kemendikbud untuk mengirim proposal P3D dan alhamdulillah akhirnya tim kami bisa lolos pendanaan,” ungkapnya.

Mifta sapaannya juga menuturkan bahwa hal ini merupakan tantangan pertama yang cukup sulit. Akan tetapi, Ia percaya dari dukungan tim dan dari berbagai kalangan agar bisa menggapai apa yang Ia inginkan.

“Tapi ini awal yang berat karena luaran dari P3D ini sangat sulit dan menantang tapi dengan semangat dari tim, tim support, dosen pembimbing dan pendamping, dan seluruh unsur yang terlibat InsyaAllah kami mampu untuk mencapai semua luaran yang diharapkan,” tuturnya.

Terakhir, mahasiswi dari Program Studi Akuntansi berharap agar P3D tahun ini dapat berjalan dengan baik sertq memotivasi kepada segenap ormawa pada bidang pengabdiannya.

“Semoga P3D ini bisa berajalan lancar dan bisa menjadi contoh khususnya di Sulawesi Selatan untuk Pemberdayaan Desa, serta menjadi motivasi kepada seluruh ormawa dalam bidang pengabdian,” harapnya.

Berikut nama anggota tim P3D UKM Pramuka UNM yang lolos pendanaan
Kemendikbudristek, di antaranya Mifta Aulia Mustafa, Zamsinar, Muqsitulqadri Syarif, Andi Edwin Al-Hadi Agussalim, Anis Kurniati, Putra Taufik Prayuda, Siska Irdawanti, Indasari, Fitria, Amiruddin, Virdhalya Kartika Bahtiar, Hairil Asyurah, Muh. Ikbal Ramadandi, Sulaikah
, dan Akbar Muhammad. (*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan A.N