Penanaman Mangrove di Buloa, Kecamatan Tallo Selasa (17/8). (Foto: Ist)
Penanaman Mangrove di Buloa, Kecamatan Tallo Selasa (17/8). (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup SelarasĀ (Sintalaras) Universitas Negeri Makassar (UNM) mempunyai cara unik dalam memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun. Pada momentum ini Sintalaras bekerja sama dengan Forum Komunitas Hijau Makassar mengadakan penanaman bakau (mangrove) di Buloa, Kecamatan Tallo, Makassar, Selasa (17/8).

Terdapat 1000 pohon yang ditanam sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup. Amar Maruf mengungkapkan bahwa tanaman mangrove dipilih karena bisa mengurangi abrasi serta melindungi habitat biota laut.

“Ini merupakan upaya pelestarian lingkungan hidup, semoga bisa mengurangi abrasi laut ke daratan dan melindungi habitat biota laut,” tutur Amar.

Selain penanaman mangrove, Sintalaras UNM juga membuat basecamp “Rumah’ta Pantau Mangrove” disekitar pemukiman warga yang nantinya akan dijadikan tempat memberikan edukasi lingkungan kepada warga sekitar.

“Kami harap masyarakat setempat bisa bantu kami memastikan bakau yang ditanam, kemudian tumbuh sesuai yang diinginkan,” harapnya. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani