Rektor ITB Kalla, Syamril Saat Kuliah Umum Perdana Fakultas Psikologi UNM 2021 - (Foto-Ist)
Rektor ITB Kalla, Syamril Saat Kuliah Umum Perdana Fakultas Psikologi UNM 2021 - (Foto-Ist)

PROFESI-UNM.COM – Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kuliah umum perdana di semester ganjil yang mewajibkan seluruh mahasiswanya hadir dan membahas tentang Peluang dan Tantangan Lanjut Studi di Luar Negeri serta Peluang dan Tantangan Kerja Generasi Millenial.

Kuliah umum ini diadakan secara virtual zoom cloud meeting dan live streaming youtube dengan menghadirkan dua pembicara yakni alumni Fakultas Psikologi UNM sekaligus dosen Universitas Hasanuddin, Hilman Wirawan, serta Rektor ITB Kalla, Syamril, Senin (16/8).

Dosen Universitas Hasanuddin, Hilman Wirawan, mengungkapkan rasa syukurnya karena ini merupakan pondasi awalnya hingga ia mencapai ke jenjang yang lebih tinggi bahkan sampai ke luar negeri.

“Dosen-dosen hebat membuat kami memiliki standar yang sama dengan mahasiswa di luar negeri. Berarti saya bisa dong kuliah diluar negeri karena kami belajar literatur-literatur berbahasa inggris dan jurnal-jurnal internasional,” ungkap alumni Montclair State University.

Ia juga mengatakan bahwa mahasiswa tidak perlu khawatir dan mempersiapkan diri untuk masa depannya.

“Bisa jadi anda sedang mempersiapkan diri untuk pekerjaan yang belum ada sekarang, sebaliknya anda juga bisa jadi belajar untuk pekerjaan yang tidak akan dibutuhkan lagi di masa depan,” katanya.

Di sisi lain, Rektor ITB, Kalla menjelaskan saat ini persaingan dunia kerja sangat ketat dan potensi pengangguran sangat besar. Yang diperlukan adalah daya saing yang berkualitas.

“Tingkatkan kualitas daya saing, kalau kita memiliki daya saing tinggi, bukan kita yang melamar, akan tetapi kita yang dilamar oleh perusahaan,” jelasnya. (*)

*Reporter: Mujahidah/ Editor: Sumaya Nursyahidah