launching dan sosialisasi pelaksanaan PHP2D di Balai Desa Laikang. (Foto: Ist).
launching dan sosialisasi pelaksanaan PHP2D di Balai Desa Laikang. (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D) Himpunan Mahasiswa Otomotif (HMO) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) sukses melaksanakan launching dan sosialisasi pelaksanaan PHP2D di Balai Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sabtu (14/8).

Pelaksanaan Launching dan Sosialisasi dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswanaan dan Alumni (WR III) Sukardi Weda, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Takalar, Ikbal Rasyid Daeng Situru, Kepala Desa Laikang, Amir, Perangkat Desa Laikang, Pemuda pemudi Karang Taruna, serta masyarakat Desa Laikang.

Dalam sambutannya, Sukardi Weda Mengatakan kegiatan PHP2D ini sebagai mitra masyarakat dalam mengembangkan potensi sumber daya yang ada di Desa Laikang. Ia mengapresiasi tim PHP2D HMO FT-UNM karena dapat menyelenggarakan kegiatan meskipun dalam keadaan pandemi.

“Sebagai mitra masyarakat Desa Laikang dalam mengembangkan potensi sumber energi yang terbarukan dan saya apresiasi tim PHP2D HMO FT-UNM atas terlaksananya kegiatan ini walaupun dalam kondisi pandemi,” katanya.

Terakhir, Ia berharap kegiatan ini berlanjut hingga masyarakat Desa Laikang bisa bekerja sama melalui PHP2D ini serta dapat menerapkan pelajaran yang telah dicapai saat dibangku perkuliahan.

“Besar harapan kami agar kegiatan PHP2D ini tidak sampai disini saja namun terus berkelanjutan, sehingga Desa Laikang mampu menjadi mitra kami, serta melalui kegiatan PHP2D ini, mahasiswa kami dapat mengaplikasikan pembelajaran yang telah di dapatkan dari kampus,” harapnya.

Pemanfaatan limbah kotoran ternak menjadi biogas dan bio fertilizer  untuk mendukung program energi terbaru dan ketahanan pada pangan. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah