Pembukaan Training of Trainer (ToT). (Foto-Ist)
Pembukaan Training of Trainer (ToT). (Foto-Ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2021-2022 menggelar kegiatan Training of Trainer (ToT) 2021. Kegiatan tersebut digelar di Aula FH Jurusan Matematika FMIPA UNM, Minggu (15/8).

ToT merupakan kegiatan yang dilatarbelakangi oleh kurangnya minat mahasiswa untuk mengembangkan potensi, kreativitas keorganisasian dan kemampuan manajemen.

Ketua Panitia ToT, Akbar Waliyullah mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ToT adalah meningkatkan minat dan skill keorganisasian tingkat lanjut mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM. Kegiatan pelatihan ini diadakan untuk mahasiswa jurusan Matematika yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yaitu pendaftaran, pembekalan, pembukaan, forum, dan penutupan.

“Training of Trainer (ToT) 2021 hadir sebagai wadah untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan public speaking yang dimiliki oleh Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM,” katanya.

Lebih lanjut, Abaay sapaannya menyampaikan harapan dengan diadakannya kegiatan ToT tersebut dapat melahirkan mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM lebih kreatif, percaya diri, dan berwawasan luas.

“Semoga ToT 2021 hadir sebagai wadah untuk belajar dan berproses dalam meningkatkan keterampilan berpikir, public speaking, mengembangkan potensi diri, kreativitas dan kemampuan manajemen,” ungkapnya.

Disisi lain, ketua umum HMJ Matematika, Asriadi menyampaikan ucapan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ini dan dapat memberikan ilmu dalam berorganisasi maupun dalam masyarakat.

“Saya sangat bersyukur akan bisa dilaksanakannya kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang kami rancang untuk meningkatkan skill dan kemampuan keorganisasioan mahasiswa jurusan matematika,” ujarnya.

“Sekalipun ada beberapa kendala yang muncul, kolaborasi antar panitia ToT dan teman-teman pengurus bisa mengatasi hal tersebut,” ujarnya.

Terakhir, Asriadi berharap ilmu yang didapatkan dalam kegiatan ToT dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi generasi yang dapat membawa Jurusan Matematika menjadi lebih baik.

“Semoga kegiatan ini bisa berjalan sesuai apa yang kita harapkan, dan semua mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini bisa mengimplementasikan apa yang mereka dapatkan dalam kegiatan ini pada kehidupan sehari-hari. Dan bisa melahirkan generasi-generasi unggul yang dapat membawa nama Jurusan Matematika menjadi lebih baik lagi kedepannya,” ujarnya. (*)

*Reporter: Fahmi Usta Wardani Bahtiar