Rektor UNM, Husain Syam saat sambutan pada kegiatan PKKMB 2021. (Foto:Mujahidah)
Rektor UNM, Husain Syam saat sambutan pada kegiatan PKKMB 2021. (Foto:Mujahidah)

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Husain Syam mengungkapkan beberapa jalur khusus masuk bagi Mahasiswa Baru (Maba). Hal ini diungkapkan langsung pada Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang digelar di Ballroom Teater Lantai 3 Menara Pinisi, Jumat (13/8).

Rektor UNM, Husain Syam mengungkapkan beberapa jalur khusus yang diberikan kepada Maba UNM sebagai salah satu bentuk apresiasi Pengelolaan kepada mahasiswa baru UNM.

“UNM ini milik masyarakat dan kami disini hanya sebagai pengelola. Makanya banyak diberi beasiswa seperti untuk hafizah, bagi yang berprestasi, dan berbagai jalur lainnya. Begitu cara kami mengelola di UNM,” ungkapnya.

Lanjut, Ia juga memberikan jalur khusus bagi mahasiswa UNM yaitu jalur afirmasi bagi mereka yang berasal dari daerah tertinggal, terpencil dan terdepan (3T).

“Afirmasi pendidikan diberi setiap tahun. Bagi saudara-saudara di papua, daerah 3T. Kami beri ruang tersendiri untuk masuk. Ada firmasi untuk mereka. Anak-anak dari papua ini perlu afirmasi pendidikan,” ujarnya.

Terakhir, Ia menambahkan sejumlah mahasiswa yang memperoleh jalur khusus dari penghafal Al-Qur’an untuk masuk UNM. “Tahun ini menerima Hafidz-hafidzah dengan hafalan 15 juz sebanyak 40 mahasiswa penerima,” tambahnya. (*)

*Reporter: Mujahidah/ Editor: Sumaya Nursyahidah