Rektor UNM, Husain Syam saat sambutan, Kamis (12/8). Foto: Agatoni Buttang - Profesi
Rektor UNM, Husain Syam saat sambutan, Kamis (12/8). Foto: Agatoni Buttang - Profesi

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Husain Syam mengimbau mahasiswa baru UNM bergelut dalam organisasi. Hal tersebut Ia ungkapkan dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNM, Kamis (12/8).

Husain Syam mengatakan mahasiswa bukan hanya kuat dalam bidang akademis tetapi diharapkan dapat aktif dalam keorganisasian.

“Organisasi disiapkan untuk anda yang ingin berproses menjadi pribadi yang hebat, baik dalam intelektual, organisasi maupun minat dan bakat,” ucapnya.

Ia juga mengatakan mahasiswa dapat meningkatkan soft skill melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UNM.

“Semua di fasilitasi, 13 UKM universitas. Jangan yang negatif, jangan yang bukan urusan mu kau urus, tanya berapa uang,” ucapnya.

Lanjut, Husain menceritakan pengalaman dirinya saat menjadi aktivis. Ia mengaku juga terlahir dari seorang aktivis ketika masih jadi mahasiswa.

“Dulu saya aktivis, lulus 3,5 tahun, cumlaude dan bisa jadi mahasiswa terbaik dari sejumlah lulusan IKIP Ujung Pandang,” katanya.

Terakhir, Husain juga menyebut, aktivis yang hebat adalah aktivis yang dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Ia menghimbau para aktivis mahasiswa agar dapat menyeimbangkan antara akademik dan organisasi.

“Jangan berlebihan jadi aktivis, selesai tujuh tahun sama saja kau siksa orang tuamu,” tegasnya. (*)

*Reporter: Muhammad Ainun Najib/Editor: Agatoni Buttang