PKKMB 2021 UNM di Ruang Teater Menara Pinisi, Kamis (12/8). Foto-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Baru atau Maba keluhkan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 Universitas Negeri Makassar (UNM) yang dilaksanakan secara blended di Ballroom Teater lantai 3 Menara Pinisi dan Via Zoom tersebut kurang efektif.

Mahasiswa baru dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS), Nurafifa Azzahra mengeluhkan kurang efektifnya materi yang disampaikan jika hanya dilakukan secara virtual.

“Menurut saya pribadi, secara offline pembahasannya lebih efektif diterima oleh Mahasiswa Baru (Maba) dan lebih dipahami, sedangkan kalau online pembahasannya kurang dipahami dan kebanyakan Maba tidak fokus saat Zoom,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rima Anugrah Alifka, mahasiswa baru Prodi Pendidikan Kimia. Ia mengatakan PKKMB yang dilakukan secara online tak lepas dari kendala-kendala teknis, seperti paket data maupun jaringan.

“Kalau online tidak efisien kurasa karena banyak yang keluar masuk dari room, belum lagi faktor jaringan, kadang bagus kadang tidak bagus,” ujarnya. (*)

*Reporter: Trisakti Akbar/ Editor: Annisa Puteri Iriani