Wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Makmur di Wisuda UNM periode Agustus, Selasa (10/8). Foto-Fahmi Wardani
Wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Makmur di Wisuda UNM periode Agustus, Selasa (10/8). Foto-Fahmi Wardani

PROFESI-UNM.COM – Makmur, mahasiswa jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Ilmu Sosil (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) dinobatkan sebagai wisudawan terbaik di tingkat fakultas. Hal ini diumumkan oleh Rektor UNM, Husain Syam pada acara wisuda alumni UNM periode Agustus tahun ajaran 2020/2021 yang berlangsung di lantai 3 Ballroom Teater, Gedung Menara Pinisi UNM dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Selasa (10/8).

Pria asal Sebatik ini berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00 dengan masa studi 3 tahun 7 bulan. Dengan pencapaian ini, ia merasa sangat bersyukur dan senang bisa membanggakan orang tuanya. Dalam menempuh pendidikan ia merasa terbayarkan.

“Alhamdulillah, saya bersyukur akan penghargaan ini, dan merasa sangat senang karena dapat membuat orang tua bangga. Dan merasa bahagia karena dapat membawa nama prodi untuk pertama kalinya mencapai IPK sempurna, namun hal tersebut tidak didapatkan tanpa bantuan keluarga, dosen, dan teman-teman,” katanya.

Semasa kuliah, Makmur juga aktif berorganisasi di Lembaga Dakwah Fakultas Studi Club Al-Furqan (LDF SC Al-FURQAN) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) selama satu periode kepengurusan. Kemudian di UKM Pramuka selama satu periode kepengurusan.

Ia mengungkapkan bahwa kunci suksesnya adalah selalu mempunyai tekad yang kuat untuk berprestasi, menyertai setiap kegiatan dengan do’a dan memiliki komitmen yang kuat untuk berprasangka baik kepada orang tua. Ia juga menyebut jangan menunda-muda tugas yang diberikan kepada dosen.

“Tips Sukses ialah selama ini selalu berprasangka baik terhadap semua orang tau. Terutama kepada sang pencipta dan selalu berusaha memperbaiki diri, hindari hal-hal yang merugikan diri sendiri dan tips menjadi wisudawan terbaik adalah jangan pernah menunda-nunda tugas yang ada,” ungkap Makmur sapaan akrabnya.

Makmur berharap kedepannya akan ada lebih banyak generasi selanjutnya yang melebihi pencapaiannya dalam meraih predikat tersebut. Ia juga mengimbau mahasiswa untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan membuat perjalanan akademik mereka. Ia juga mengatakan jangan menunda-muda waktu yang diberikan.

“Harapan untuk generasi selanjutnya ialah manfaatkan waktu luang yg di berikan Allah tidak menunda-menunda sesuatu, bagi yg memiliki kemampuan baik material dan finansial manfaatkanlah sebaik baiknya terutama yang sedang kuliah,” ujar Makmur. (*)

*Reporter: Murni