Pamflet Kegiatan Webinar PFA Mahasiswa Peduli Kesehatan Jiwa (Foto: Ist)
Pamflet Kegiatan Webinar PFA Mahasiswa Peduli Kesehatan Jiwa (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Webinar Pertolongan Pertama Psikologis atau Psychological First Aid (PFA). Webinar dengan tema “PFA Mahasiswa Peduli Kesehatan Jiwa” ini digelar pada, Sabtu (7/8).

Peserta yang bergabung di Zoom Meeting pada kegiatan ini dibatasi hanya 100 peserta.

Salah satu pemateri, Dian Novita Siswanti, mengatakan bahwa memahami karakter sendiri baik itu ekstrovert maupun introvert adalah hal yang paling penting diketahui agar diri sendiri bisa paham dengan karakter apa yang dimiliki.

“Mengetahui karakter diri sendiri dan sesuatu yang menonjol itu adalah sesuatu yang penting untuk mengenal lebih dalam diri kita sendiri,” katanya.

Lanjut, pemateri Novita Mauldya Jalal, membawakan materi berjudul ‘Permasalahan Psikologis Pasca Bencana’ turut menyampaikan bahwa segala sesuatu yang terjadi pada diri sendiri akan berpengaruh terhadap perkembangan psikologis, masalah psikologis yang terjadi pasca bencana juga responnya akan berlainan arah tergantung situasi yang dialami pasca bencana tersebut.

“Terkhususnya remaja setelah mengalami bencana pasti perkembangan psikologisnya akan berbeda-beda, itu tergantung dari kondisinya baik itu remaja yang merasakan langsung bencana ataupun tidak merasakan langsung bencana, dan respon terhadap pengaruh perkembangannya pun akan berbeda di setiap remaja,” jelas Novita Mauldya Jalal. (*)

*Reporter: Aliefiah Maghfirah Rahman/ Editor: Sumaya Nursyahidah