PROFESI-UNM.COM – Himpunan mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali akan menyelenggarakan kompetisi tahunan “Genius on Mathematics in Real Application” atau yang disingkat dengan Geomteri. Genius On Mathematics in Real Application atau Geometri adalah ajang kompetisi untuk anak SD dan SMP se-Sulselbar dan SMA se-Indonesia. 

Geometri 2021 kali ini mengusung tema “Optimalisasi Daya Saing Untuk Mewujudkan Generasi Unggul di Era Teknologi dalam Semangat Bermatematika”. Tema yang diusung pada Geometeri tahun ini diharapkan melahirkan generasi unggul dengan penuh semangat bermatematika untuk ke depannya.

Geometeri 2021 mengusung konsep item lomba dan sistem yang berbeda. Tahun ini, Geomteri menerapkan sistem blended yang terdiri dari beberapa item lomba yakni : (1) Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) Group, (2) LCTM Individu, (3) DIGIT, (4) Esai, (5) Poster, dan  (6) Webinar Nasional. Untuk LCTM Grup tingkat SMA  akan dilaksanakan dengan sistem rayon secara online.

Ketua Panitia, Muhammad Ula mengungkapkan tujuan diangkatnya tema tersebut pada kegiatan Geometri kali ini, melihat daya saing generasi sekarang yang menurun akibat dampak dari masa pandemi yang tidak kunjung selesai, melalui Geometri 2021 itu daya saing pada generasi sekarang dapat dioptimalkan.

“Tentu saja dalam Geometri ini kami bergelut dalam dunia Matematika, jadi dalam pembentukan daya saing generasi sekarang yang kita harapkan kita dapat mengaplikasikan ilmu Matematika,” ungkapnya.

Mahasiswa jurusan Matematika ini menjelaskan bahwa kegiatan lomba tersebut diperuntukkan bagi Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Kebetulan item-item kegiatan lomba yg kami adakan ini pesertanya dari SD hingga SMA,” jelasnya.

Terakhir, Ia berharap melalui kegiatan tersebut siswa-siswi dapat mengaplikasikan Dalam kehidupan sehari-hari.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini tentu akan mendapat pengalaman yang lebih dan kedepannya dapat diaplikasikan dalam kehidupan mereka,” harapnya.

Sementara itu, pendaftaran peserta telah dibuka sejak 13 Juli hingga 17 September 2021. Untuk link pendaftaran bisa diakses melalui situs dibawah ini :
Umum : https://bit.ly/pendaftaranGEOMETRI2021
Rayon : https://bit.ly/pendaftaranGEOMETRI2021-RAYON. (*)

*Reporter : Anugrah HMS/Editor: Sumaya Nursyahidah