agung Surya salam, Ketua Umum Terpilih Saat Musyawarah Jurusan, Foto: Ist
agung Surya salam, Ketua Umum Terpilih Saat Musyawarah Jurusan, Foto: Ist

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Pendidikan (HMJ PPB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menggelar pelaksanaan Musyawarah Jurusan (Musjur) pada 2 Juli 2021 lalu.

Hasil dari Musjur tersebut, Agung resmi terpilih menjadi Ketua Umum HMJ PBB FIP UNM periode 2021-2022. Namun, pihak pimpinan jurusan tidak menyepakati hal itu.

Eks Ketua HMJ PBB FIP UNM, Jabal Nur mengatakan dalam pemilihan Ketua Umum HMJ PPB FIP UNM terdapat dualisme skema dalam pemilihan ketua baru.

“Dalam forum Musjur, Agung yang terpilih tapi Ain langsung saja ditetapkan menjadi ketua oleh pihak jurusan dengan alasan hasil rembukan,” terangnya.

Lebih lanjut, mahasiswa angkatan 2018 ini juga menegaskan bahwa Ia tidak menerima intervensi jurusan untuk tidak turun tangan mematahkan hasil musyawarah himpunan dengan alasan pihak pimpinan jurusan tidak memiliki hak menunjuk formatur Ketua HMJ PBB FIP UNM.

“Pihak jurusan tidak mencampuri musyarawah yang diadakan oleh mahasiswa PPB itu sendiri karena jalur komuniksi ke pihak jurusan hanya garis kordinasi bukan garis komando yang artinya pihak jurusan tidak berhak menunjuk formatur ketua secara sepihak hal ini jelas diatur di dalam AD-ART PPB FIP UNM,” tandasnya.

Terakhir, Ia sangat menyayangkan adanya intervensi yang dilakukan pihak jurusan karena pada awal mula digelarnya musyawarah, pihak jurusan telah memberikan kesempatan kepada HMJ PBB FIP UNM untuk menggelar musyawarah. (*)

*Reporter: Elfira